Jokowi-Bamsoet Disebut Konsumen Skuter Listrik Gesits

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2020 19:42 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik hasil kerja sama Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh November (GESITS). Presiden Joko Widodo saat menjajal skuter listrik Gesits di lingkungan Istana pada 2018. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Skuter listrik Gesits besutan Gesits Technologies Indo (GTI) menjadi incaran sejumlah pejabat Indonesia. Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR Bambang Soesatyo disebut sebagai konsumen motor listrik ini.

"Jadi ada Pak Jokowi dan Pak Bamsoet," kata CEO GTI Harun Sjech kepada CNNIndonesia melalui sambungan telepon, Senin (18/5).

Jokowi pada 7 November 2028 mengatakan akan membeli 100 unit Gesits. Tiga bulan sebelumnya mantan Wali Kota Solo itu dikabarkan menginginkan 50 unit Gesits untuk digunakan di lingkungan istana.


Menurut Harun, 100 unit motor listrik Gesits yang dipesan belum seluruhnya diterima Jokowi.

"Belum semua, baru sedikit sekali dikirim," ucap Harun.

Sementara itu, Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo membeli skuter tanpa emisi itu pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Bamsoet membeli satu unit Gesits saat itu.

Bamsoet sempat mengunggah motor tersebut dengan pemandangan Harley-Davidson jenis Electra Glide. Keduanya sama-sama dicat warna kuning. Pada unggahan itu juga tampak politisi PDI Perjuangan Masington Pasaribu berdiri di samping Gesits.


[Gambas:Instagram]


Lebih lanjut, Harun mengatakan dari 25 ribu unit yang dipesan, baru sekitar 500an unit Gesits telah dikirim kepada konsumen. Pengiriman dilakukan sejak awal 2020.

GTI pernah mengatakan mayoritas pemesannya berasal dari konsumen fleet atau pembelian borongan. Konsumen fleet Gesits antaranya Kamar Dagang Industri (Kadin) Bali dan Telkomsel.

"Bulan ini akan lebih banyak dikirim, tapi bertahap dari awal tahun kemarin sudah kami distribusi ke konsumen. Konsentrasi saat ini juga kan terhadap Covid-19 juga," ucap Harun.

Skuter listrik Gesits diklaim punya tingkat kandungan lokal sebesar 89 persen, sisanya masih impor dan diharapkan menggunakan produk lokal sepenuhnya pada tahun ini. Motor ini diproduksi di pabrik perakitan kawasan industri Wijaya Karya di Cileungsi, Bogor. (ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]