WhatsApp Punya Fitur Tambah Kontak Pakai Kode QR

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 20:16 WIB
Ilustrasi WhatsApp. CNNIndonesia/Safir Makki Ilustrasi logo WhatsApp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan pesan instan milik Facebook, WhatsApp, menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR.

WhatsApp sudah menggulirkan fitur ini kepada para pengguna aplikasi iOS beta. Fitur baru ini baru tersedia di pembaruan WhatsApp 2.20.60.27 beta bagi pengguna iOS atau produk Apple.




Dilansir WABetaInfo, begitu pengguna membagikan kode QR dengan orang lain, nomor ponsel juga ikut dibagikan bersama dengan QR code tersebut.

Fitur yang telah dirumorkan sejak tahun lalu itu dapat diaktifkan melalui pengaturan WhatsApp. Kode QR ini khusus dibuat untuk mengidentifikasi profil pengguna agar mudah untuk saling terkoneksi antar pengguna.

Dilansir The Verge, fitur ini akan sangat mempercepat penambahan kontak di WhatsApp. Sebelumnya penambahan kontak cukup memakan waktu, pengguna harus memasukkan nama dan nomor telepon terlebih dahulu.

Fitur kode QR juga dibekali dengan pencabutan kode apabila pengguna sembarangan membagikan kode tersebut di media sosial atau ke membagikan ke orang yang tak diinginkan.

Pengguna bisa memilih opsi 'Reset QR Code' untuk menghapus kode QR dan menggantinya dengan kode yang baru. Opsi ini bisa dilakukan berulang kali tanpa khawatir batasan penghapusan kode.


Cara memindai QR code pengguna lain juga cukup mudah. Pengguna bisa memindai QR code pengguna lain dengan menggunakan opsi 'Scan'. Opsi tersebut akan membuka kamera untuk memindai kode QR.

Saat ini fitur baru tersedia bagi para pengguna aplikasi iOS WhatsApp Beta. Pengguna aplikasi Android WhatsApp Beta harus bersabar untuk menggunakan fitur ini. (jnp/ayp)

[Gambas:Video CNN]