Cara Hemat Baterai Ponsel Kala Silaturahmi Online

CNN Indonesia | Senin, 25/05/2020 14:02 WIB
Older woman talking via video call. Sit at home on the recommendation of a doctor. An older woman uses tablet Silahturahmi online menjadi opsi merayakan Idulfitri di tengah pandemi corona. Berikut tips hemat baterai untuk silaturahmi online.(Istockphoto/Getty Images/Milan Markovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembatasan Sektor Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat Indonesia tidak bisa mudik untuk merayakan Idulfitri 1441 H. Pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tidak mudik, sebagai gantinya pemerintah menyarankan mudik atau silahturahmi online.

Mempertahankan tradisi silaturahmi kala Hari Raya Idul Fitri masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi panggilan video.

Akan tetapi, video call mengharuskan pengguna harus membuka aplikasi video call secara terus menerus. Hal ini membuat persentase baterai menurun drastis dan terasa panas karena aplikasi mengonsumsi daya yang besar.


CNNIndonesia.com merangkum beberapa tips untuk menghemat baterai saat bersilaturahmi secara online.

1. Tutup Semua Aplikasi Sebelum Melakukan Video Call

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi video call menguras baterai ponsel karena menyala secara terus menerus. Belum lagi aplikasi video call juga mengaktifkan kamera yang membuat baterai harus mengalokasikan daya untuk membuka kamera secara terus menerus.

Oleh karena itu pengguna disarankan untuk menutup berbagai aplikasi yang berjalan di background untuk mengurangi beban baterai. Hal ini membuat daya baterai tak terbagi ke aplikasi yang berjalan dan fokus mengalokasikan daya ke aplikasi video call.

2. Cari Sinyal Seluler yang Bagus, Kalau Bisa Pakai Wifi

Buruknya sinyal seluler juga membuat baterai panas karena ponsel akan berusaha mencari sinyal seluler. Pencarian sinyal berlebihan ini membutuhkan konsumsi baterai tambahan.

Oleh karena itu, pengguna disarankan berada di tempat dengan jaringan seluler yang baik. Kalau bisa, pengguna menggunakan jaringan Wifi yang lebih stabil.
ah
3. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar menjadi alasan utama yang membuat umur baterai sangat rendah. Layar yang lebih cerah membutuhkan konsumsi baterai yang lebih banyak.

Oleh karena itu saat ponsel terasa mulai panas atau ketika baterai ponsel sudah mau habis, pengguna bisa menurunkan tingkat kecerahan layar.

4. Hapus Apliksi yang Tak Terpakai

Pengguna juga disarankan untuk menghapus aplikasi yang tak terpakai. Penghapusan aplikasi dilakukan untuk menambah penyimpanan internal dan mencegah aplikasi-aplikasi tak terpakai berjalan di background.

5.  Matikan GPS,NFC, Wifi, & Bluetooth

Sinyal-sinyal radio seperti GPS,NFC, Wifi, & Bluetooth lebih baik dimatikan apabila tidak digunakan. Sebab sinyal-sinyal tersebut juga bisa membuat baterai lebih boros.

(jnp/age)

[Gambas:Video CNN]