Spesifikasi JARI, Kapal Robot China yang Tempur di Air

CNN Indonesia
Rabu, 10 Jun 2020 10:09 WIB
The new type 055 guide missile destroyer Nanchang of the Chinese People's Liberation Army (PLA) Navy participates in a naval parade to commemorate the 70th anniversary of the founding of China's PLA Navy in the sea near Qingdao, in eastern China's Shandong province on April 23, 2019. - China celebrated the 70th anniversary of its navy by showing off its growing fleet in a sea parade featuring a brand new guided-missile destroyer. (Photo by Mark Schiefelbein / POOL / AFP) Ilustrasi JARI-USV. (Foto: AFP/MARK SCHIEFELBEIN)
Jakarta, CNN Indonesia -- China dikabarkan telah melakukan uji coba laut perdana terhadap kapal kapal tempur tak berawak multiguna JARI. Kapal itu dibangun oleh Lembaga Penelitian China State Shipbuilding Corporation (CSSC), yakni 716 dan 702.

Pembuatan JARI-USV diklaim sebagai penanda China telah mengambil langkah penting dalam bidang kapal perang.

Melansir China-Arms, JARI merupakan kapal tempur dengan bobot mencapai 20 ton. Seluruh kapasitas itu berada dalam dimensi desainnya yakni sepanjang sekitar 15 meter, lebar 4,8 meter, dan draught mencapai 1,8 meter.


Desain JARI ringkas dan klimis, dari perspektif desain lambung, kinerja kecepatan tinggi juga sangat menonjol.

Untuk persenjataan, JARI memiliki artileri otomatis 30 mm di bagian depan dan senjata peluncur rudal vertikal. Di belakang persenjataan itu, anjungan JARI dilengkapi peralatan optoelektronic dan antena sederhana untuk observasi. Sementara antena satelit yang lebih besar diletakkan di buritan.

Kecepatan maksimum JARI yaitu 42 knot dan jangkauannya mencapai 500 mil laut. Kapal yang punya kemampuan serangan udara ini juga

Ukurannya yang kecil juga memungkinkan diangkut oleh kapal amfibi, seperti kapal pendaratan dermaga ke area target untuk melakukan misi jarak jauh.

Melansir Asia Times, JARI-USV merupakan pakal perang anti kapal selam, permukaan, dan udara. JARI-USV diklaim untuk memiliki kemampuan yang sama seperti kapal perusak Arleigh Burke milik Amerika Serikat.

JARI dilengkapi dengan radar array, sonar bawah air, peluncur torpedo, senapan mesin RHIB, peluncur roket di bagian depan untuk perang permukaan.

Tidak ada informasi lebih rinci tentang jenis komunikasi apa yang akan dimiliki oleh kapal itu dan di mana tepatnya manusia berada dalam lingkaran tersebut. Namun, kapal itu kemungkinan dikontrol dari markas angkatan bersenjata China yang berada di pantai atau dari kapal induk. (jps/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER