Huawei Salip Samsung Jadi Produsen Ponsel Terbesar Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 16/06/2020 15:24 WIB
Huawei Nova 5T. (CNN Indonesia/ Hesti Rika) Huawei berhasil menyalip Samsung sebagai produsen ponsel terbesar dunia. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrikan ponsel Huawei berhasil menyalip posisi Samsung sebagai pemegang pasar ponsel terbesar dunia untuk pertama kali.

Huawei tercatat mengapalkan 21,4 persen persen dari total pasar ponsel dunia. Sementara Samsung hanya mengapalkan 19,1 persen.

Hal ini berdasarkan laporan analis pasar Counterpoint pada April 2020. Total pasar ponsel pada April sebesar 69,37 juta unit. Turun 41 persen dari periode yang sama tahun lalu (year-on-year).


Prestasi Huawei ini patut diacungi jempol. Pasalnya, perusahaan itu tengah mendapat tekanan perang dagang Amerika Serikat (AS). Perang dagang itu menyebabkan AS melarang Huawei menggunakan teknologi dari perusahaan negeri Paman Sam itu.

Akibatnya, Huawei tak bisa menggunakan rangkaian layanan Google Mobile Service. Layanan Google Play Store, Google Maps, dan aplikasi Google lain, tak bisa digunakan di perangkat itu.

Namun, Huawei selamat akibat aksi solidaritas warga China atas pembatasan AS itu. Penjualan Huawei di kampung halaman terus tumbuh dalam beberapa kuartal belakangan, seperti dilaporkan Huawei Update

Tapi, secara keseluruhan angka penjualan di Eropa, Amerika Utara, dan India, masih sangat rendah. Padahal ketiga wilayah ini adalah pasar yang sangat penting bagi Samsung. Sehingga, diperkirakan pasar Samsung masih akan terpuruk dalam beberapa waktu mendatang.

Sementara itu, Huawei diperkirakan masih akan terus moncer pada kuartal dua 2020. Sehingga, predikat produsen ponsel terbesar diramal masih bakal dipegang produsen China itu. Sementara Samsung diperkirakan akan kembali kuasai pasar pada akhir tahun, seperti dikutip Phone Arena

Posisi kuat Huawei di pasar China juga terbukti dari laporan kuartal pertama 2020 dari analis pasar lain, IDC. IDC melaporkan total pasar smartphone di China mencapai 66 juta unit.

Dari total pasar ini, Huawei memegang pangsa pasar sebesar 42,6 persen. Melansir GizmoChina, IDC menyebut keberhasilan Huawei memegang pangsa pasar 5G ini lantaran perusahaan itu menawarkan ponsel di berbagai jenjang harga.

Sementara itu Samsung bisa saja kembali ke posisi nomor satu jika penjualan ponsel perusahaan Negeri Ginseng itu dapat memenuhi permintaan ponsel di tiga wilayah yaitu Benua Eropa, Amerika Utara, dan India.

Secara keseluruhan, ada 69,37 juta ponsel yang dikirimkan di seluruh dunia pada April 2020. Kendati demikian, laporan ini menunjukkan penurunan sebesar 41 persen. (din/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK