Daftar 5 Situs Streaming Anime yang Legal

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 16:47 WIB
Infografis Goresan Lini Masa Perjalan Anime Memiliki koleksi yang lengkap, situs streaming anime legal ini dapat memuaskan para pencinta film yang gemar menonton animasi Jepang. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan streaming anime alias film kartun Jepang memang tengah digandrungi banyak orang.

Kini orang dapat menyaksikan tontonan kesayangannya itu di situs streaming anime tanpa perlu datang ke bioskop, apalagi di tengah pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini yang membatasi mobilitas orang.

Jauh sebelumnya, ragam animasi Jepang banyak ditayangkan di saluran televisi Indonesia tiap pagi dan sore serta akhir pekan. Seperti Doraemon dan Hamtaro yang menyapa di pagi hari, kemudian Honey Bee Hutch, serta Captain Tsubasa saat petang.


Belum lagi Ninja Hatori, Crayon Shinchan, Cardcaptor Sakura, Keroro Gunso, Samurai X, Magical Doremi, Tokyo Mew Mew, Nube, Hikaru No Go, Full Metal Panic, dan banyak lainnya pada akhir '90-an.

Mulai dari anime series yang memiliki ratusan episode hingga anime film durasi dua jam lebih, telah menyedot animo banyak penggemar termasuk masyarakat Indonesia.

Kini, para pencinta film animasi tetap dapat menikmati tontonan favorit Negeri Matahari tersebut melalui berbagai situs streaming anime legal yang tersedia.

Banyak penyedia layanan streaming anime yang berlomba-lomba menyediakan konten anime ketika televisi konvensional lebih fokus pada kisah sinetron, panggung musik lokal, juga variety show.

Berikut lima situs streaming film anime legal yang dapat dijadikan referensi bagi pencinta anime.

1. Netflix

Ilustrasi NetflixSelain menyediakan film barat dan Indonesia, Netflix juga menjadi situs streaming anime yang punya cukup banyak koleksi kartun Jepang (Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia

Layanan streaming yang hadir di Indonesia sejak Januari 2016 ini memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun; dan pengguna bisa mengakses konten melalui smartphone, smart TV, tablet, PC, maupun laptop.

Netflix mengakui anime merupakan salah satu genre yang disambut hangat di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, penerimaan ini juga berlaku untuk pasarnya di seluruh dunia.

Dalam hal ini, perusahaan yang berbasis di Amerika itu telah memboyong 21 film Studio Ghibli untuk ditayangkan di platform-nya sejak Januari 2020 di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang. Dengan subtitle sebanyak 28 bahasa, termasuk Indonesia.

Kendati demikian, jika pengguna ingin mengakses Netflix, maka ditetapkan sejumlah retribusi. Perusahaan yang berkantor pusat di Las Vegas, Amerika Serikat itu mematok tarif langganan dengan rentang harga mulai dari Rp49 ribu hingga Rp169 ribu per bulan dengan tanpa biaya ekstra dan tanpa kontrak.

2. Hulu

[Gambas:Instagram]

Hulu menyediakan banyak koleksi anime dengan kualitas HD, hanya saja tidak semua anime bisa pengguna unduh dan ditonton secara gratis.

Anime terbaru tahun ini seperti Plunderer, Arte, hingga Appare Ranman telah tersedia dan bisa ditonton. Namun, pengguna mesti berlangganan untuk mendapatkan konten secara premium dan lengkap.

Pengguna masih bisa mengaksesnya secara gratis dengan konsekuensi konten-konten yang ada di Hulu akan dibatasi.

Membeli langganan bulanan akan memberi akses ke film blockbuster, anime pilihan, sitkom TV populer, acara anak-anak yang menyenangkan, dan masih banyak keuntungan lagi.

Jika berniat mengakses konten Hulu secara penuh, maka pengguna harus menebusnya dengan biaya langganan sebesar USD5.99 atau jika dikonversikan menjadi sekitar Rp87 ribu per bulan.

3. Crunchyroll

CrunchyrollSitus streaming anime Crunchyroll merupakan distributor legal streaming anime, manga, dan dorama Jepang (Foto: Crunchyroll)

Crunchyroll adalah perusahaan distributor legal streaming anime, manga, dan dorama Jepang yang berbasis di Amerika Serikat. Situs ini menjadi simbol perjuangan para penggemar yang didirikan pada 2006 oleh sekelompok lulusan University of California.

Crunchyroll disebut-sebut telah mengedarkan konten kepada 50 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Seperti situs streaming lainnya, Crunchyroll gratis digunakan, tetapi jika pengguna berani membayar maka tentu akan mendapat fasilitas lebih seperti video kualitas HD dan pilihan anime yang lebih beragam.

Anime kenamaan macam Naruto Shippuden, One Piece, hingga Terra Formars juga tersedia di Crunchyroll. Crunchyroll menawarkan 14 hari layanan streaming gratis.

Namun jika berniat mengakses konten situs ini secara penuh, pengguna harus menebusnya dengan biaya langganan mulai harga termurah USD7.99 atau jika dikonversikan menjadi sekitar Rp115 ribu per bulan.

4. Genflix

[Gambas:Instagram]

Genflix merupakan salah satu situs streaming legal asal Indonesia. Situs ini menyajikan konten film hingga anime Jepang.

Biaya langganan Genflix memang relatif murah. Pengguna hanya perlu membayar paket langganan sebesar Rp49 ribu untuk durasi sebulan. Usai membayar, pengguna dapat menikmati tontonan di Genflix yang dapat dinikmati dengan batasan maksimal tiga devices.

Penggemar anime seperti The Seven Deadly Sins patut mencoba Genflix yang telah menyajikan anime tersebut lengkap 24 episode.

Selain itu, koleksi film dan anime di Genflix akan berubah tiap bulan, serta terdapat konten yang sangat lokal seperti konten dengan penggunaan berbahasa Jawa.

5. Viewster

viewsterSitus streaming anime Viewster bisa menjadi opsi menonton kartun Jepang dan menyediakan game yang bisa dinikmati gratis (Foto: viewster)

Aplikasi khusus smartphone tipe Android ini merupakan layanan streaming yang secara langsung bisa dinikmati tanpa registrasi, cocok bagi pengguna yang ingin praktis.

Tersedia secara gratis, pengguna bisa menikmati berbagai macam jenis anime mulai dari series hingga film anime, ada ratusan anime yang bisa dinikmati pengunjung.

Tak hanya itu, Viewster juga menyediakan konten video dalam bentuk dokumenter, berita kolom tokoh anime, game anime dan tema Jepang, dan masih banyak hal seru lainnya.

Kelima situs streaming anime legal tersebut dapat dijadikan referensi saat kebingungan menghabiskan waktu libur akhir pekan di rumah.

Selain menaati imbauan pemerintah untuk physical distancing dan di rumah saja, streaming anime tentu meningkatkan 'mood' bagi penggemar dalam menjalani rutinitas yang acapkali membosankan.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]