Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 13:31 WIB
Using blank white screen laptop Google Scholar efektif dalam mencari beragam literatur. Berikut cara mencari jurnal internasional di Google Scholar agar mendapat hasil relevan. (Foto: iStockphoto/guvendemir)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menemukan jurnal ilmiah yang tepat menjadi tantangan tersendiri dalam pencarian di internet. Untungnya, terdapat layanan Google Scholar yang memberikan hasil pencarian publikasi ilmiah yang jauh lebih efektif dan tepat sasaran.

Google Scholar menjadi andalan para kalangan akademisi dan mahasiswa dalam mencari artikel atau jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Ini karena seluruh publikasi yang terindeks Google Scholar memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mencari jurnal internasional di Google Scholar, terdapat fitur dalam Google Scholar yang perlu diketahui agar proses pencarian lebih cepat dan akurat, meliputi:


  • Menyediakan literatur dari beragam bidang ilmu
  • Memudahkan pengguna untuk mendapatkan referensi yang dicari, seperti kutipan (citation), nama penulis, dan publikasi
  • Menyajikan dokumen atau artikel teks yang lengkap
  • Memungkinkan pengguna untuk mengikuti isu atau perkembangan penelitian terbaru
  • Dapat digunakan untuk mengkroscek karya yang dikutipMenyajikan dokumen atau artikel teks yang lengkap

Top view mockup image of a man's hand holding white mobile phone with blank desktop screen on thigh while sitting in cafeGooglee Scholar menyajikan referensi artikel teks jurnal nasional dan internasional yang lengkap (Foto: iStockphoto/Farknot_Architect)


Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal internasional adalah tulisan ilmiah yang dihasilkan dari penulis dan publikasi interasional, serta memiliki target pembaca yang luas (internasional). Umumnya, syarat menjadi jurnal internasional juga harus mengantongi nomor International Standart of Serial Number (ISSN) dalam karyanya.

Selain itu, ada pula kriteria sebuah karya dapat dikategorikan sebagai jurnal internasional, antara lain:

- Jurnal telah melewati proses penyuntingan Dewan Editorial Internasional. Dewan editorial merupakan ahli atau pakar di bidang jurnal terkait

- Harus diindeks oleh setidaknya satu Database Internasional

- Karyanya harus diterbitkan dalam beberapa makalah, dan dalam setiap volumenya ditulis oleh penulis asing atau di luar negara yang menerbitkan jurnal

- Karya ilmiah harus ditulis dengan ilmiah serta etika keilmuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing organisasi keilmuan

- Menggunakan bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), seperti Bahasa Inggris, Arab, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Mandarin

- Ada terbitan versi dalam jaringan (daring) atau online

- Pengelolaan jurnal dilakukan secara profesional

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Sebagaimana sudah dijelaskan fitur dan apa itu Google Scholar, Anda dapat mencari jurnal internasional melalui platform ini. Berikut cara mencari jurnal internasional lewat Google Scholar:

Ilustrasi BelajarSetelah memasukkan keyword, Google Scholar akan menampilak dokumen atau jurnal internasional yang relevan dengan pencarian (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

1. Langkah pertama pastinya membuka situs Google Scholar di scholar.google.com

2. Dalam tampilan awal, Anda akan dihadapkan dengan tampilan "Cari" seperti pada mesin pencari Google

3. Ketik kata kunci yang hendak dicari. Misalnya butuh mencari jurnal mengenai "Penanganan Covid-19 pada ibu hamil". Maka ketikkanlah kata itu sebagai keyword dalam pencarian tadi

4. Selanjutnya Google Scholar akan menampilkan beberapa dokumen yang relevan atau berkaitan dengan topik tersebut.

5. Masuk atau buka salah satu hasil pencarian dan pastikan bahwa referensi yang akan Anda gunakan sesuai dengan syarat jurnal internasional yang telah disebutkan di atas, agar referensi itu bisa dikatakan kredibel memberikan informasi

6. Cara mengklik hasil pencarian itu bisa dengan mengklik langsung, atau klik kanan pada mouse pada file yang berbentuk PDF, kemudian pilih "download".

Perlu diketahui pada bagian kiri laman yang sama anda dapat mempersempit atau mengkhususkan pencarian terkait hal yang ingin dicari.

Mulai dari waktu publikasi jurnal, hasil pencarian urut berdasarkan relevansi dan tanggal, penyertaan hak paten dan sitasi (pengutipan), dan sebagainya.

Cara menemukan jurnal terbaru di Google Scholar

Hasil pencarian di Google Scholar biasanya diurutkan berdasarkan relevansi, bukan berdasarkan tanggal. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mendapatkan artikel yang relevan dan paling update.

Ilustrasi google scholarUntuk mendapatkan jurnal terbaru di Google Scholar, pilih opsi "urutkan berdasarkan tanggal" (Foto: iStockphoto/hocus-focus)

1. Jika hendak mencari artikel yang lebih baru, pilih opsi sebelah kiri layar "Since Year".

2. Jika hendak menampilkan makalah yang baru diterbitkan dan diurutkan berdasarkan relevansi, bisa klik "Urutkan berdasarkan tanggal".

3. Klik ikon berbentuk amplop jika hendak mendapatkan hasil baru secara berkala yang akan dikirimkan ke e-mail.


Sementara, untuk mendapatkan jurnal secara lengkap dari suatu artikel, biasanya harus berlangganan terlebih dahulu. Namun hal ini bisa diakali dengan cara:

1. Klik tautan pustaka, misalnya "FindIt @ Harvard"

2. Di sebelah kanan hasil pencarian, klik tautan berlabel [PDF]

3. Klik "All versions" di bawah hasil pencarian dan periksa sumbernya

4. Lalu klik "Related Articles" atau "Citied by" di bawah hasil pencarian untuk menelusuri artikel sejenis.


Itulah tutorial cara mencari jurnal internasional di Google Scholar yang bisa anda gunakan. Dengan adanya fitur seperti itu sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda waktu menyusun skripsi bukan?

(ndn/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK