Cara Menghapus Kelas di Google Classroom dalam 5 Menit

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 17:40 WIB
The cute child is using a digital tablet and showing it’s blank screen. Meski tak ada batasan, tapi kelas perlu dihapus usai berakhir agar tampilan tak membingungkan. Berikut cara menghapus kelas di Google Classroom. (Foto: iStockphoto/pinstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google Classroom merupakan platform yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar non-tatap muka atau kelas online.

Meski tak ada batasan maksimal jumlah kelas dalam aplikasi, namun untuk menjaga tampilan kelas online tetap rapi dan efektif, kelas perlu dihapus usai kelas berakhir.

Ini agar tampilan dalam Google Classroom bersih dan tidak membingungkan. Guru dapat mengevaluasi kelas mana yang sekiranya tidak lagi dibutuhkan dengan cara menghapus kelas di Google Classroom.


Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom merupakan alternatif penyedia interaksi proses belajar-mengajar antara guru dengan murid. Seiring bergesernya cara pengajaran konvensional menuju pengajaran digital, baik guru maupun murid harus beradaptasi dengan fitur dari perusahaan software raksasa di Amerika Serikat itu.

Dalam cara kerjanya, Google Classroom memungkinkan Guru untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, berdiskusi terkait materi, hingga pemberian skor atau nilai secara online.

Selaras dengan itu, para murid juga memiliki akses untuk mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan oleh Guru melalui perangkat atau gawai masing-masing di rumah.

Pola kerja Google Classroom untuk guru sangat cocok diterapkan di tengah masa pandemi virus corona (covid-19) yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar tatap muka, terpaksa beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Sebelum menghapus kelas di Google Classroom pengguna diwajibkan terlebih dahulu untuk mendownload aplikasi Google Classroom yang dapat dilakukan di smartphone tipe android maupun iOS.

Atau bisa buka melalui personal computer (PC) di alamat situs https://classroom.google.com/ di kolom pencarian alamat browser masing-masing.

Caucasian woman using touch pad on laptop computer. Screen is blank white. Photo's taken from directly above.Untuk menghapus kelas di Google Classroom secara permanen, pilih menu archive, kemudian delete. Kelas yang sudah dihapus tidak akan bisa di-restore (Foto: iStockphoto/KeremYucel)

Setelah itu pengguna perlu memperhatikan dan mengikuti tahapan yang diulas berikut ini dengan sesuai urutan dan teliti, sebagai langkah atau cara menghapus kelas di Google Classroom dalam 5 menit:

  1. Setelah berada di halaman homepage, pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga. Selanjutnya klik menu 'Classes' atau 'Kelas'
  2. Maka tampilan akan berubah menuju ke halaman daftar kelas yang pernah dibuat
  3. Lalu pilih kelas yang akan dihapus, pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan klik ikon tiga baris segitiga
  4. Ada tiga pilihan menu yakni: copy, edit, dan archive
  5. Klik menu 'archive' atau 'arsip', tetap pilih arsip ketika pop up muncul
  6. Kemudian pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga. Selanjutnya klik menu 'Archived Classes' atau 'Arsip Kelas'
  7. Pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan klik ikon tiga baris segitiga. Akan ada tiga pilihan menu yakni; copy, restore dan delete
  8. Klik menu 'delete' atau 'hapus', tetap pilih hapus ketika pop up muncul

Kendati demikian, pengguna harus mengingat betul bahwa ketika sudah memutuskan untuk menghapus kelas di Google Classroom, maka kelas tersebut tidak dapat dikembalikan lagi, atau akan dihapus secara permanen.

Cara Bergabung dalam Kelas di Google Classroom

Setidaknya terdapat dua cara yang dapat digunakan bagi para pengguna murid untuk bergabung ke dalam kelas online dengan cara sebagai berikut:

ilustrasi anak dan gadgetMurid dapat bergabung di Google Classroom dengan dua cara, yakni menggunakan kode kelas dan melalui invite student (Foto: Istockphoto/ Real444)
  • Menggunakan Kode kelas

Setelah masuk ke halaman baru, Para murid perlu pergi ke sisi kanan atas, klik ikon (+) dan pilih menu 'join class' atau 'gabung kelas'. Setelah itu ada kolom kosong untuk isian kode kelas, isikan digit kode kelas sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Guru.

  • Menggunakan Invite Student atau undangan.

Tak banyak pula Guru yang memilih mengundang satu per satu muridnya melalui alamat undangan dengan email. Selanjutnya, murid hanya perlu klik menu 'join' atau 'gabung' pada alamat yang tertaut di badan email.

Itulah cara menghapus kelas di Google Classroom, maka diharapkan guru maupun murid tak lagi kebingungan dengan fitur kelas online besutan Google ini. 

Setelah pembelajaran usai, kelas akan tetap ada di Google Drive. Jika Anda sudah tak membutuhkannya, langsung hapus secara manual. Sekali file dihapus, Anda tidak dapat membatalkan atau mengembalikannya. Jadi pastikan kelas yang dipilih untuk dihapus sudah tepat. 

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]