Telkomsel Respons Dugaan Sumber Data Denny Siregar yang Bocor

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 12:08 WIB
dangerous hacker stealing data -concept Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/ South_agency)
Jakarta, CNN Indonesia --

Operator Telkomsel mengklaim selalu memprioritaskan perlindungan seluruh data pelanggan. Hal itu menanggapi dugaan kebocoran data pelanggan milik penggiat media sosial Denny Siregar.

"Bagi Telkomsel, perlindungan data pelanggan selalu menjadi prioritas yang paling utama, sehingga kami senantiasa memastikan keamanan data dan kenyamanan seluruh pelanggan dalam berkomunikasi," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin kepada CNNIndonesia.com, Senin (6/7).

Denny menjelaskan Telkomsel adalah badan usaha yang selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis.


Menurutnya, Telkomsel mengacu pada standard teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standardisasi internasional (ITU, GSMA) maupun FTP nasional.

Telkomsel, lanjut Denny juga sudah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi. Dia berkata proses sertifikasi itu dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional.

Terkait dengan kejadian yang dialami, Denny mengaku pihaknya siap bekerjasama untuk membantu, serta berkoordinasi dengan pihak berwajib atau aparat penegak hukum. Selain itu, dia berkata pihak siap bekerja sama dengan pihak terkait jika terjadi dugaan peretasan data pelanggan pada sistem Telkomsel.

"Dan akan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya, Denny Siregar meminta tanggungjawab Telkomsel terkait dugaan 'kebocoran data' yang dialaminya. Denny menduga data tersebut berasal dari Telkomsel dan hal itu bisa menimpa pengguna lain.

"Teman2, dari kasus ini, ternyata kita baru tahu kalau data diri kita sangat rentan disadap. Contoh dr @opposite6891 ini, bgt mudah dia dpt data ttg saya. Sy menuntut jawaban dr @Telkomsel & @kemkominfo. Ini mengerikan. Bisa saja terjadi pd anda dan keluarga anda.," ujar Denny lewat akun Twitter.

Denny menegaskan meminta penjelasan dari Telkomsel mengenai data pribadinya yang bocor dalam 3X24 jam. Dia mengancam akan menggugat ke pengadilan jika tidak mendapatkan penjelasan.

"Saya butuh penjelasan @Telkomsel kenapa data saya bocor dalam waktu 3x24 jam.. Kalau tidak ada penjelasan, saya akan gugat ke pengadilan," ujarnya.

Akun @Opposite6891 menyebarkan data pribadi yang diduga milik Denny Siregar. Dalam unggahannya @Opposite6891 menampilkan data yang terdiri dari nama, alamat, NIK, KK, IMEI, OS, hingga jenis perangkat.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]