3 Tips Mudah Memulai Usaha GrabKios

Grab, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 18:43 WIB
Grab membagikan tiga tips mudah memulai usaha GrabKios. Yang diperlukan hanya ponsel, keberanian, dan kreativitas. Ilustrasi GrabKios. (Foto: GrabKios Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal tahun 2020 memberi dampak besar terhadap perekonomian bangsa. Tak sedikit pekerja yang dirumahkan, atau bisnis yang terpaksa gulung tikar.

Hal itu diperburuk dengan kemungkinan resesi dalam waktu dekat ini. Namun bukan berarti tak ada peluang bisnis baru. GrabKios adalah salah satu celah yang bisa dicoba. Selain mudah, juga tak memerlukan modal besar.

Yang harus dilakukan pertama kali, adalah mengenali nilai jual produk. Pertimbangkan kebutuhan masyarakat, dimulai dari yang sederhana namun esensial. Misalnya olahan minuman yang terkesan biasa saja, tapi disukai seperti es teh. Racikan itu bisa juga ditambahkan jelly, atau boba buatan sendiri.


Kedua, manfaatkan akses media sosial semaksimal mungkin. Buat akun khusus, unggah konten-konten menarik, termasuk foto produk-produk yang disediakan. Umumkan jam operasional yang pasti di bagian bio agar dapat melakukan hal-hal lain, dan tetap konsisten mempromokan akun tersebut.

Bila memungkinkan, Anda bisa memberi promo, misalnya beli dua gratis satu. Tak perlu yang besar atau heboh, mengunggah testimonial atau foto pelanggan juga termasuk promo. Rajin menjawab pertanyaan atau membalas komentar dengan komentar lucu pun bisa dilakukan. Dengan demikian, Anda terlihat serius dengan usaha GrabKios baru itu.

Yang terakhir, maksimalkan layanan GrabKios. Jangan lupa untuk memberitahu pelanggan, bahwa membayar tagihan dan mengirim uang bisa dilakukan lewat GrabKios. Pelanggan dapat berbelanja tanpa harus keluar rumah, membeli gas atau galon air sembari melunasi berbagai tagihan. Terlebih, GrabKios menerima pembayaran di tempat atau cash-on-delivery.

Tentu tak boleh diabaikan bahwa segala kegiatan penjualan maupun pengantaran harus dengan penerapan protokol kesehatan saat ini. Jangan kecil hati bila usaha tidak langsung berjalan lancar. Yang terpenting, berani dan kreatif. Yuk, semangat memulai bisnis bersama GrabKios.

(rea)