Fakta Paus Biru, Lebih Besar dari Dinosaurus dan Pesawat

CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2020 09:21 WIB
Punya nama latin Balaenoptera Musculus, paus biru memiliki ukuran lebih besar dari sejumlah dinosaurus raksasa yang pernah ditemukan. Ilustrasi paus biru. (Olivier MORIN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Paus biru adalah hewan terbesar yang pernah hidup di planet Bumi. Memiliki nama latin Balaenoptera musculus, paus biru diketahui memiliki ukuran lebih besar dari sejumlah dinosaurus raksasa yang pernah ditemukan.

Berikut sejumlah fakta tentang paus biru yang dirangkum CNNIndonesia.com:

1. Sangat Panjang

Melansir Treehugger, paus biru adalah hewan raksasa. Panjang Paus Biru berkisar dari 80 hingga 100 kaki (24-30 meter). Berdasarkan informasi, paus sepanjang 108 meter pernah ditemukan beberapa tahun silam.


Ukuran panjang paus biru dewasa hampir setara dengan pesawat terbang komersial, tiga buah bus sekolah, dan enam ekor gajah dewasa.

2. Sangat Berat

Karena tubuhnya yang panjang, paus biru yang merupakan hewan mamalia itu bisa memiliki berat hingga 200 ton. Saking beratnya, organ hati paus biru yang sepanjang 1,5 meter bisa memiliki berat hampir 200 kilogram. Sedangkan lidahnya, dikabarkan bisa seberat gajah.

Tak hanya itu, anak paus biru juga ditetapkan sebagai bayi terbesar di bumi, bayi paus biru sudah berbobot 3,9 ton dan panjang mencapai 8 meter saat dilahirkan.

3. Sangat Keras

Paus biru ditetapkan sebagai hewan yang memiliki suara paling keras di Bumi. Suara paus biru bisa mencapai 188 desibel, jauh lebih keras dari suara mesin jet yang hanya 140 desibel.

Rintihan hingga erangan paus biru dikabarkan dapat didengar hingga jarak 1.600 km.

4. Banyak Makan

Melansir us.whales.org, paus biru hanya memakan udang kecil seperti udang yang disebut krill meski ukurannya sangat besar. Akan tetapi, jumlah udang yang dimakan paus biru dalam sehari bisa mencapai 40 juta ekor.

Sedangkan anak paus biru dapat minum 250 liter susu induknya setiap hari.

Selama migrasi, paus biru makan sangat sedikit. Sebagian besar bertahan hidup dengan cadangan lemak.

5. Berumur panjang

Paus biru adalah salah satu hewan yang paling lama hidup di planet ini. Sejumlah ilmuwan menyampaikan rata-rata hidup paus biru bisa mencapai 80 sampai 90 tahun. paus tertua yang pernah ditemukan berusia 100 tahun.

Seperti menghitung cincin pohon, para ilmuwan menghitung lapisan lilin di telinga untuk menentukan usia rata-rata.

6. Cepat

Paus biru diketahui sering bepergian, menghabiskan musim panas untuk mencari makan di daerah kutub dan melakukan perjalanan panjang ke Khatulistiwa saat musim dingin tiba. Kecepatan jelajah paus biru bisa mencapai 5 MPH dan dapat mempercepat hingga 20 MPH saat dibutuhkan.

7. Terancam Punah

Paus biru merupakan spesies yang terancam punah dengan populasi di dunia diperkirakan 10.000 hingga 25.000 ekor.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]