Netizen Sambut Masjid Hagia Sophia Gelar Salat Jumat Perdana

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 12:28 WIB
Hagia Sophia menjadi topik terpopuler di twitter usai resmi menjadi masjid dan akan menggelar ibadah Salat Jumat perdana pada hari ini. llustrasi Hagia Sophia gelar Salat Jumat pertama usai resmi menjadi Masjid. (AP/Emrah Gurel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ayasofya atau Hagia Sophia di Istanbul, Turki, resmi menjadi masjid dan akan menggelar ibadah Salat Jumat perdana pada hari ini, Jumat (24/7). Sekitar 1.500 orang diperkirakan akan melaksanakan salat Jumat pada upacara pembukaan situs bersejarah tersebut.

Selain Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, tokoh lainnya juga akan hadir, salah satunya Pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Devlet Bahceli. Peristiwa tersebut sontak membuat topik Hagia Sophia menjadi topik terpopuler di media sosial Twitter.

Akun Ambreena Syed mengucapkan selamat kepada seluruh umat muslim karena setelah menanti selama 86 tahun, akhirnya bisa menggelar Salat Jumat di masjid bersejarah kekhalifahan Ustmani itu.


"Congrats to all Muslim, Hagia Sophia holds first Friday prayers after in 86 years," kicau Ambreena Syed.

Sementara akun Abu Isa Alnoshai memamerkan sebuah papan nama Masjid Hagia Sophia Grand Mosque yang baru dipasang di depan tempat ibadah tersebut dan membuat umat Islam bisa kembali salat.

Akun @Istambulism memamerkan foto Gil, kucing ikonik yang tinggal di Hagia Sophia sedang tertidur dengan tenang di atas sejadah baru yang dipasang di Masjid untuk Salat Jumat pertama kali.

Sebelumnya, Presiden Erdgoan menegaskan masih mengizinkan kucing itu untuk berkeliaran di dalam masjid, meski museum itu sudah berubah menjadi masjid.

Netizen lain kemudian mem-posting sebuah status yang viral dengan banyaknya jamaah yang rela menanti dari malam hari, menginap di halaman Ayasofya, untuk menanti Salat Jumat berjamaah pertama kalinya di Hagia Sophia.

Akun bernama Novia juga ikut-ikutan memamerkan foto pengurus masjid sedang memasang sejadah baru di Masjid Hagia Sophia.


Hagia Sophia awalnya berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai masuknya kekhalifahan Ustmani yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. Lalu beralih fungsi menjadi masjid dari tahun 1453-1934 di bawah kepemimpinan Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih.

Kemudian di beberapa waktu terakhir, situs tersebut difungsikan sebagai museum selama 86 tahun hingga akhirnya berubah kembali menjadi masjid pada 10 Juli 2020.

Selama menjadi museum, pada 1985 Hagia Sophia dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Meski telah beralih fungsi, namun Hagia Sophia tetap terbuka bagi wisatawan tanpa dipungut biaya. Presiden Erdogan juga memastikan ikon Kristen akan tetap ada di Hagia Sophia meski sudah beralih fungsi menjadi masjid.
 
Pemerintah Turki menyatakan keputusan peralihan fungsi tak serta menjadikan Hagia Sophia eksklusif untuk umat Muslim.

(dal/DAL)

[Gambas:Video CNN]