Erdogan Masih Izinkan Kucing Gli Bermukim di Hagia Sophia

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 11:02 WIB
Pemerintah Turki masih mengizinkan kucing Gli untuk menetap di Hagia Sophia meski bangunan bersejarah itu telah berubah fungsi menjadi masjid. Pemerintah Turki masih mengizinkan kucing Gli untuk menetap di Hagia Sophia meski bangunan bersejarah itu telah berubah fungsi. (hagiasophiaturkey.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah Hagia Sophia kembali berubah fungsi menjadi masjid, banyak orang yang bertanya mengenai nasib Gli, kucing gembul menggemaskan yang selama ini menjadi penunggu setia bangunan bersejarah itu.

Tapi penggemar Gli tak perlu khawatir, karena seperti yang dikutip dari TRTWorld pada Jumat (24/7), saat ini kucing betina itu masih diizinkan bermukim di Hagia Sophia.

Mungkin jemaah Salat Jumat perdana di Hagia Sophia pada hari ini bisa menemuinya sedang asyik rebahan di atas sajadah.


Kucing betina berbulu abu-abu berjenis European Shorthair itu disebut sudah bermukim di Hagia Sophia lebih dari satu dekade.

Gli bukan sembarang kucing, karena ia sampai punya akun Instagram dengan 40 ribu pengikut.

Bahkan Barack Obama, saat berkunjung ke Hagia Sophia semasa masih menjabat Presiden Amerika Serikat, mengaku sangat gemas dengan kucing yang namanya memiliki arti 'menyatukan cinta' itu.

Dalam video yang viral pada tahun 2009, Obama terlihat asyik mengelus Gli yang kemudian nampak mengantuk.

Mengutip tulisan dari HagiaSophiaTurkey, arkeolog bernama Defne Bali, yang telah bekerja untuk Hagia Sophia selama bertahun-tahun, seperti seorang ibu bagi Gli.

Gli punya satu saudara laki-laki, Pati dan seorang saudara perempuan, Kizim. Ibu mereka adalah Sofi. Mereka lahir pada 2004. Sayangnya, Pati meninggal.

Saat masih kecil, Kizim pernah terperosok di salah satu lubang di Hagia Sophia. Beruntung ia bisa diselamatkan setelah mengeong terus menerus. Setelah musibah tersebut, ia berhenti mengeong, mungkin karena batinnya terguncang.

[Gambas:Instagram]

Sepanjang hidupnya, Gli hanya memiliki satu anak, seekor kucing hitam legam cantik bernama Karikiz. Naas, ia tewas terlindas bus wisata.

Karikiz sempat dibawa ke dokter hewan untuk pengobatan patah punggung. Karena lukanya terlalu parah, ia lalu disuntik tidur selamanya sehingga tak perlu menanggung sakit terlalu lama.

Sewaktu muda, Gli senang mengejar burung. Namun usianya semakin tua dan kondisi matanya yang juling membuatnya tak lagi fit seperti dulu.

Kini Gli ia lebih senang rebahan dekat mimbar atau jendela. Kalau sedang minta dielus, ia biasanya mendekati turis yang sedang asyik memotretnya.

[Gambas:Instagram]


"Ia sangat suka berpose," kata salah satu penjaga Hagia Sophia, Umut Bahçeci, yang membuatkan akun Instagram untuk Gli, seperti yang dikutip dari Lonely Planet.

"Jika ia ingin berinteraksi dengan pengunjung, maka ia akan berdiri di atas mimbar. Kalau ia terlalu lelah, maka ia akan tiduran di omphalos [area upacara mahkota raja-raja Roma]," lanjutnya.

Pergerakan Gli juga tergantung dengan musim yang sedang berlangsung.

Saat musim dingin, ia sangat senang berkeliaran di depan lampu yang menerangi altar. Mungkin tubuhnya jadi lebih hangat karena hawa panas yang dikeluarkan lampu-lampu tersebut.

Namun saat musim panas, ia sering ditemukan sedang tiduran di lantai dekat jendela besar. Rebahan saat angin sepoi-sepoi ternyata juga jadi hobi kucing ini.

(ard)

[Gambas:Video CNN]