4 Cara Cek Tagihan BPJS Online

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 10:40 WIB
Berikut cara cek tagihan BPJS online untuk mengetahui beban tagihan iuran tanpa harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Berikut cara cek tagihan BPJS online untuk mengetahui beban tagihan iuran tanpa harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beragam cara untuk mengetahui besaran tagihan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jika dahulu, masyarakat harus mendatangi kantor BPJS, kini zaman digital berkembang sehingga masyarakat tak perlu repot ke kantor. Cukup dengan mengetahui cara cek tagihan BPJS online maka beban tanggungan akan langsung ketahuan.

Layanan kesehatan yang secara resmi beroperasi sejak 1 Januari 2014 lalu ini, memang telah menyedot banyak animo pengguna. Pasalnya BPJS mengklaim tarif asuransi yang ditawarkan jauh lebih terjangkau daripada layanan kesehatan atau asuransi kesehatan yang lain.

Dengan banyaknya pengguna, alangkah baiknya prosedur pengecekan besaran tagihan BPJS, dapat dilakukan di rumah saja melalui smartphone masing-masing. Apalagi di tengah situasi pandemi virus corona (covid-19) seperti saat ini, yang membatasi mobilitas dan intensitas berkumpul.



Cara Cek Tagihan BPJS Online

Ada beragam pilihan yang mempermudah penggunanya dalam melakukan aktivitas cek besaran tagihan ini. Sebagaimana yang diketahui, tagihan tersebut akan muncul setiap bulannya, sebagai tanggungan wajib yang harus dibayar.

Sebagai efisiensi waktu, coba ikuti cara cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan berikut ini:

1. Cara Cek Tagihan BPJS melalui Website

Ilustrasi mengetik di komputer pangkuCara cek tagihan BPJS melalui situs yakni dengan mengakses https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/  (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Cara yang satu ini sangat tepat dilakukan oleh pengguna BPJS yang aktif di internet. Namun sebelum itu, pastikan koneksi internet terhubung stabil dengan smartphone ataupun PC pengguna.

Kemudian, setelah itu, pengguna perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser dan akses situs di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ 
  • Pilih menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang terletak di sebelah kanan sidebar homepage
  • Pengguna wajib mengisi sejumlah data mulai dari nomor kartu BPJS Kesehatan 13 digit, tanggal lahir, hingga angka validasi yang tertera pada gambar di situs tersebut.
  • Terakhir, klik tombol 'Cek' dan detail besaran tagihan akan ditampilkan pada layar pengguna

2. Cara Cek Tagihan BPJS melalui Aplikasi

Tak jauh beda dengan pengecekan tagihan BPJS melalui website, cara yang satu ini memudahkan pengguna dalam melakukan pengecekan secara online, tanpa harus mengetikkan url alamat situs resmi BPJS.

Pengguna BPJS hanya perlu sekali klik pada aplikasi yang sudah terpasang baik di smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Ikuti beberapa panduan singkat berikut ini, agar pencarian yang dilakukan tepat dan efektif.

  • Unduh aplikasi 'Mobile JKN' melalui Play Store maupun AppStore
  • Pasang dan jalankan aplikasi di smartphone pengguna
  • Silakan login akun Mobile JKN, dengan mengisikan isian form yang diminta
  • Pada halaman pertama, klik menu 'Tagihan'
  • Untuk melanjutkan melihat tagihan BPJS, klik 'premi'

Secara langsung, aplikasi akan menampilkan berapa besar biaya bulanan tagihan BPJS, yang harus pengguna bayarkan untuk menggugurkan kewajiban.

3. Cara Cek Tagihan BPJS melalui SMS

Ilustrasi smartphoneCara cek tagihan BPJS melalui SMS cukup dengan mengetikkan format tagihan dan kirim ke nomor resmi BPJS (Foto: Pixabay/E1N7E)

Pengguna juga diberikan alternatif lain untuk melakukan cara cek tagihan BPJS online melalui SMS gateway. Untuk menggunakan ini, pengguna cukup ketik pesan dengan format Tagihan Nomor Kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke nomor 087775500400.

Lewat SMS Gateway juga, pengguna dapat memanfaatkan layanan untuk mengecek informasi data kepesertaan BPJS Kesehatan. Pengguna wajib menggunakan tiga nomor identitas yang dimiliki, yang meliputi nomor KTP (NIK), nomor kartu BPJS (NOKA), hingga nomor induk pegawai (NIP).

4. Cara Cek Tagihan BPJS melalui ATM

Alih-alih datang langsung ke kantor BPJS, maka pengguna juga dapat melakukan pengecekan penagihan bulanan BPJS melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), saat sedang berada di luar rumah.

Pengguna hanya perlu menyiapkan kartu ATM, dan mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut:

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan tekan tombol PIN sebanyak 6 digit
  • Pilih menu 'Transaksi Lain', kemudian klik menu 'Pembayaran' dan lanjutkan pilih 'Lainnya'
  • Pilih 'BPJS' dan klik menu 'BPJS Kesehatan'
  • Setelah itu, input nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual account yang diberikan saat melakukan registrasi akun.
  • Validasi dengan pilih menu 'Benar' dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran yang tertera pada mesin ATM benar dengan pilih menu 'Ya'.

Tak hanya mengecek besaran tagihan, pengguna juga dapat menggunakan ATM sebagai media pembayaran iuran BPJS per bulannya.

Nah, setelah mengetahui beragam cara cek tagihan BPJS online, maka pengguna dapat mempraktikkannya. Dengan kemudahan cek online, usahakan membayar tagihan BPJS tepat waktu agar tak kena denda dan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]