Cara Mudah Cek Produk BPOM secara Online dan Manual

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 19:30 WIB
Cara cek produk BPOM secara online maupun manual memudahkan masyarakat untuk mengetahui aman tidaknya produk yang akan dikonsumsi atau digunakan ke tubuh. Cara cek produk BPOM secara online maupun manual memudahkan masyarakat untuk mengetahui aman tidaknya produk yang akan dikonsumsi atau digunakan ke tubuh. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas dengan melakukan cek produk BPOM secara online mandiri. Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM telah memfasilitasi sistem tersebut sebagai upaya untuk melindungi keselamatan konsumen dari bahan kimia berbahaya pada produk kecantikan dan pangan.

Hal itu tentu saja memudahkan konsumen untuk mengetahui aman tidaknya suatu produk yang akan dikonsumsi atau digunakan ke tubuh. Terlebih saat ini marak beredar kosmetik maupun makanan yang mengandung zat berbahaya di pasaran.


Syaratnya pun tergolong mudah, konsumen hanya perlu input nomor registrasi, nama produk, merek, hingga nama pendaftar. Berbekal itu, konsumen sudah dapat mengetahui apakah produk tersebut sudah terdaftar secara resmi atau belum di situs resmi BPOM.


Dengan mengecek produk BPOM secara online, masyarakat dapat mencocokkan nomor BPOM yang tertera di produk kemasan hanya melalui genggaman smartphone.

Selain itu, BPOM bertugas dan memiliki fungsi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan. BPOM berhak memberikan label resmi pada segala jenis obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, hingga produk pangan olahan.

Oleh sebab itu, ada baiknya konsumen perlu memahami dengan baik bagaimana prosedur atau cara cek produk BPOM secara online.

Pasalnya, jika sebuah produk tidak ada nomor registrasi dari BPOM, artinya produk tersebut wajib diwaspadai keamanannya karena dikhawatirkan berisiko berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan orang yang mengkonsumsinya.


Cara Cek Produk BPOM melalui Website

Cara ini sangat mudah digunakan kala konsumen berniat melakukan cek produk BPOM secara online saat berada di pusat perbelanjaan. Namun sebelum melanjutkan, pastikan smartphone konsumen terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Badan POM menemukan 3,97 miliar rupiah pangan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) dari 1.152 sarana distribusi pangan (ritel, importir, distributor, grosir) selama Intensifikasi Pengawasan Pangan Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pengawasan ini dilaksanakan sejak awal Desember 2019 oleh 33 Balai Besar/Balai POM dan 40 Kantor Badan POM di kabupaten/kota seluruh Indonesia.CNNIndonesia/Safir MakkiCara cek produk BPOM melalui website cekbpom.pom.go.id kemudian periksa detail produk terkait (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

1. Buka browser dan akses situs di alamat https://cekbpom.pom.go.id/
2. Konsumen akan dibawa ke tampilan homepage situs, yang menampilkan cari produk berdasarkan (Nomor registrasi, Nama produk, Merek, Jumlah dan kemasan, Bentuk sediaan, Komposisi, dan Nama pendaftar)
3. Pilih salah satu kategori dan isi kolom 'kata kunci'
4. Setelah memastikan mengisi produk yang ingin dicari dengan tepat, klik tombol 'cari'
5. Data lengkap produk yang meliputi Nomor registrasi, detail produk hingga pendaftar produk terkait

Cara paling mudah saat melakukan pengecekan nomor BPOM suatu produk adalah dengan melakukan pengecekan berdasarkan merek atau nama produknya.

Sedangkan jika nomor BPOM sudah tertera di kemasan produk, maka konsumen tinggal mencocokkan keabsahan informasi produk tersebut. Sebab ada pula beberapa produk yang memiliki BPOM palsu, namun masih lolos di pasaran.


Cara Melaporkan Produk Mencurigakan

Konsumen yang menemukan fakta kesalahan di lapangan, dapat segera melapor ke BPOM, agar kasus tersebut segera ditindaklanjuti. Tentu saja ada sejumlah isian form mulai dari data diri konsumen pelapor, isian pengaduan, alamat perolehan produk, hingga mengunggah bukti produk yang dicurigai berbahaya.

Berikut ini tahapan melapor BPOM palsu ataupun produk yang tidak memiliki BPOM namun terjun bebas di pusat perbelanjaan besar di kota.

1. Buka browser dan akses situs di alamat https://ulpk.pom.go.id/
2. Pilih dan klik menu 'Form Pengaduan'
3. Isi seluruh isian formulir dengan tepat
4. Klik tombol 'kirim'


Cara Cek Produk BPOM melalui Aplikasi

Tak jauh beda dengan pengecekan BPOM produk melalui website, cara yang satu ini memudahkan konsumen melakukan pengecekan secara online, tanpa harus mengetikkan url alamat situs resmi BPOM.

Konsumen hanya perlu sekali klik pada aplikasi yang sudah terpasang baik di smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Ikuti beberapa panduan singkat berikut ini, agar pencarian yang dilakukan tepat dan efektif.

1. Unduh aplikasi 'cek BPOM' melalui Play Store maupun AppStore
2. Pasang dan jalankan aplikasi di smartphone konsumen
3. Konsumen akan disajikan tiga kolom utama, dengan tiap submenu yang berbeda
4. Pilih sesuai kebutuhan dari (Semua produk, produk teregistrasi, produk dibatalkan, atau public warning)
5. Pilih sesuai kebutuhan dari (Nomor registrasi, nama produk/nama dagang, atau nama produsen/importir)
6. Ketik pencarian di isian 'kata kunci pencairan'

Setelah berhasil, konsumen akan disajikan detail produk secara lengkap, yang meliputi Nomor, Nama produk, Pendaftar dan Tempat produk dibuat.


Cara Cek produk BPOM secara Manual

Melansir dari situs BPOM, dalam rangka mendorong kesadaran konsumen. BPOM memberikan kampanye dalam memeriksa BPOM produk secara manual, dengan jargon 'CekKlik', yakni:

  • Cek: Pengecekan detail terhadap produk
  • K: Kemasan dalam kondisi baik apa rusak
  • L: Label untuk informasi produk yang dapat dibaca secara detail
  • I: Izin edar untuk pastikan produk memiliki izin edar
  • K: Kadaluarsa untuk memastikan tanggal produk tidak melebihi masa kedaluwarsa

Nah, setelah konsumen mengetahui beragam cara cek produk BPOM secara online, maka upaya tersebut sangat berguna saat konsumen berniat membeli sesuatu.

Terutama bagi para konsumen perempuan yang gemar membeli kosmetik, pastikan kosmetik itu telah terdaftar melalui uji klinis dari BPOM. Tentu saja hal itu berguna untuk memastikan apakah kosmetik yang digunakan aman atau produk keras bagi wajah dan kulit.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]