Diciduk Bea Cukai, Harga iPhone PS Store dengan iBox Jomplang

CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 20:50 WIB
Putra Siregar menjajakan beragam merek ponsel di PS Store sebelum diciduk Bea Cukai, yang paling banyak terjual adalah iPhone. Ilustrasi iphone. (CNN Indonesia/ Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan menangkap pengusaha Putra Siregar atas dugaan menjual sejumlah ponsel ilegal lewat PS Store. Bea Cukai juga telah menyerahkan Putra Siregar dan barang bukti ponsel ilegal ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur usai dilakukan penyidikan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, Putra Siregar menjual ponsel yang diduga ilegal dengan berbagai cara. Selain di toko yang tersebar di berbagai daerah, dia juga membuka lapak dagangannya di media sosial Instagram.

Lewat akun induk @pst0re dengan 2,6 juta pengikut, Putra menjajakan beragam merek ponsel. Salah satu merek yang paling banyak di jual oleh Putra adalah iPhone.


Dalam akun itu misalnya, Putra menjual iPhone 11 Pro dengan embel-embel 'Like New' seharga Rp11,9 juta. Sedangkan harga normal bisa mencapai lebih dari Rp18 juta.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, dia juga menjual iPhone X dengan kondisi lecet seharga Rp6,5 juta dan 'Like New' seharga Rp6,9 juta. Adapun iPhone XS dijual mulai dari Rp7-8,9 juta.

[Gambas:Instagram]

Sedangkan untuk iPhone 11 Pro Max dijual oleh Putra lewat akun @pst0re mulai dari Rp14,3-Rp16,6 juta.

[Gambas:Instagram]

Adapun untuk pemesanan, konsumen diminta untuk menghubungi tiga nomor yang tersedia. Pembayaran juga dilakukan dengan cara transfer ke rekening bank Mandiri atas nama PT PUTRA SIREGAR MERAKYAT.

Harga yang ditawarkan oleh Putra berbeda jauh dengan yang terdapat di iBox, reseller produk Apple di Indonesia. Untuk varian iPhone 7 Plus misalnya dijual mulai dari harga Rp6.349.000; iPhone 8 Rp11,4 juta; iPhone 8 Plus Rp10,4 juta; iPhone X Rp14,9 juta; iPhone XR Rp10,9 juta; dan iPhone Xs Max Rp17,9 juta.

Sedangkan iPhone 11 mulai dari 12,9 juta; iPhone 11 Pro Rp16,9 juta, dan iPhone 11 Pro Max Rp18,9 juta.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]