Tiga Hujan Meteor yang Bisa Diamati di Indonesia Malam Ini

CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 16:55 WIB
Malam ini terdapat tiga hujan meteor yang bisa diamati di langit Indonesia, hujan meteor Delta Aquariids, Alpha Capricornids dan Piscis Austrinid. Ilustrasi hujan meteor. (AFP PHOTO / DANI POZO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malam ini langit Indonesia bisa mengamati tiga hujan meteor sekaligus, hujan Delta Aquariids, Alpha Capricornids dan Piscis Austrinid.

Hujan meteor Delta Aquariids dan Alpha Capricornids mencapai puncaknya malam ini. Sementara puncak hujan meteor Piscis Austrinid terjadi kemarin malam. Meski demikian hujan meteor itu masih bisa diamati malam ini.

Hujan meteor Delta Aquariids

Arah: Rasi Aquarius
Waktu puncak: 02:00 WIB dini hari tanggal 30 Juli 2020
Periode: Pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus


Hujan meteor Delta Aquariids adalah peristiwa langit tahunan yang biasanya terjadi di pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus.

Hujan meteor tahunan terjadi ketika Bumi melewati jejak debu es dan batuan yang ditinggalkan oleh kmet atau asteroid di antariksa.

Sebagian astronom meyakini bahwa hujan meteor ini berasal dari Komet 96P (Machholz), seperti dilansir Travel and Leisure

Nama Delta Aquariids sendiri diambil lantaran hujan meteor ini dapat diamat di arah konstelasi Aquarius yang berada di dekat rasi bintang Delta Aquarii.

Di Indonesia rasi bintang ini bisa diamati di arah barat daya. Untuk memudahkan pencarian, pengamat bisa melakukan pencarian rasi tersebut dengan mengunduh aplikasi seperti Google Sky Maps atas Star Tracker.

"Waktu terbaik untuk mengamati kejadian ini adalah di puncak hujan meteor tersebut yaitu di tanggal 29 Juli 2020. Hujan meteor di rasi bintang Aquarius (pusat koordinat berada di 23h 00m 00s, −15° 00′ 00″) ini diramalkan akan mencapai puncaknya pada pukul 02.00 WIB (30 Juli 2020)," seperti dikutip laman resmi Bosscha. Hujan meteor Delta Aquariid Selatan akan tetap aktif sampai fajar sekitar pukul 05:45 WIB tanggal 30 Juli 2020.

Hujan meteor Alpha Capricornids

Arah: Rasi Capricorn
Waktu puncak: 30 Juli 2020 pukul 07:00 WIB (pagi hari, tak terlihat)
Waktu pengamatan terbaik di Indonesia: 30 Juli 2020 pukul 00:00 WIB.
Periode: Pertengahan Juli sampai pertengahan Agustus

Sementara hujan meteor Alpha Capricornids juga menjadi hujan meteor tahunan yang terjadi dari pertengahan Juli sampai pertengahan Agustus.

Fenomena ini disebabkan orbit Bumi yang memasuki wilayah jejak debu dari Komet 169P (NEAT). Hujan meteor ini tampak di arah rasi Capricorn.

Lantaran waktu puncak hujan meteor ini terjadi di pagi hari ketika matahari sudah muncul, maka warga RI tak bisa mengamati puncak hujan meteor itu. Sehingga, waktu pengamatan hujan meteor Alpha-Capricornid yang paling baik di Indonesia menurut Boscha adalah pukul 00:00 WIB dini hari.

"Hujan meteor di rasi bintang Capricorn (pusat koordinat berada di 21h 00m 00s, −20° 00′ 00″) ini paling baik diamati pada pukul 00.00 WIB (30 Juli 2020) karena puncak dari hujan meteor ini akan terjadi pada 30 Juli 2020 pukul 07.00 WIB."

Hujan meteor Piscis Austrinid

Arah: Rasi bintang Piscis Austrinid
Waktu puncak:
Periode: 15 Juli sampai 10 Agustus

 Hujan meteor Piscis Austrinid adalah peristiwa rutin tahunan, namun puncak hujan meteor itu terjadi kemarin malam (28/7). Fenomena ini sebenarnya berlangsung mulai tanggal 15 Juli sampai 10 Agustus setiap tahun.

Jika dilihat dari Jakarta, hujan meteor ini tidak akan terlihat sebelum pukul 19:53 WIB. Namun waktu terbaiknya adalah pukul 22:00 WIB tanggal 28 Juli.

Hujan meteor ini dapat diamati di arah rasi bintang Piscis Austrinid. Saat dicek menggunakan aplikasi pelacak bintang seperti Google Sky Maps dan StarTracker, rasi Piscis Austrinus ini bisa disaksikan di arah tenggara Indonesia.

Hujan meteor ini tergolong pucat. Sehingga, pengamat perlu benar-benar berada di wilayah yang sangat gelap untuk bisa menikmati hujan meteor ini.

(din/eks)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA