Melonjak, Harga Satu Bitcoin Rp164 Juta Kala Pandemi Covid-19

CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 14:24 WIB
Harga satu bitcoin melonjak hingga Rp164 juta kala pandemi Covid-19, menandakan meningkatnya kepercayaan pada mata uang kripto ini. Bitcoin (iStockphoto/Jirapong Manustrong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mata uang kripto Bitcoin melonjak ke angka US$11,2 ribu atau sekitar Rp163,9 juta atau nyaris menyentuh Rp164 juta per satu bitcoin.

Bitcoin melonjak US$1,2 ribu Selasa, (28/7) lalu di tengah pandemi Covid-19 atau naik 12,73 persen dalam sehari.

Peningkatan merupakan angka tertinggi Bitcoin dalam enam bulan terakhir. Hal ini juga mengindikasikan kebangkitan minat investor terhadap Bitcoin dan kepercayaan baru dalam prospek jangka panjang kepada Bitcoin.


Kepercayaan ini muncul setelah Bitcoin mengalami pengawasan disertai peraturan ketat yang menyebabkan penurunan nilai mata uang kripto itu.

Investor mata uang kripto dari Mantis VC, Alyse Killeen mengatakan, kenaikan harga Bitcoin mencerminkan peningkatan stabilitas infrastruktur yang mendukung Bitcoin secara khusus.

"Bitcoin memiliki nilai intrinsik yang jauh lebih banyak hari ini daripada tahun lalu hanya dari sudut pandang infrastruktur. Jaringan Lightning bekerja dan dengan demikian Anda dapat melakukan lebih banyak dengan Bitcoin hari ini daripada tahun lalu," ujar Killeen.

Jaringan Lightning adalah teknologi lapisan kedua untuk Bitcoin yang meningkatkan kemampuan blockchain untuk melakukan transaksi.

Jaringan lebih dari sekadar peningkatan kapasitas yang mendorong lonjakan minat dan harga investor. Killeen mengatakan ada juga penurunan pasokan bitcoin yang tersedia.

"Selain itu, lembaga keuangan sekarang memegang cryptocurrency sehingga memberikan investor lebih percaya diri dalam keamanan aset," ujar Killeen.

Dilansir dari TechCrunch, Killeen juga memperkirakan pasar akan meningkat pada kuartal ketiga atau awal kuartal keempat berkat meningkatnya infrastruktur untuk mendukung transaksi dan aktivitas di blockchain. 

Sementara itu, dilansir dari The Next Web, pada 27 Juli, Bitcoin menutup pasar dengan harga US$10,9 ribu. Angka tersebut meningkat 10,96 persen atau US$1 ribu dalam kurun waktu 24 jam. 

Angka tersebut masih 45 persen di bawah harga Bitcoin tertinggi dengan angka US$20 ribu pada 17 Desember 2017 lalu.

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]