Daftar Recall Mobil-mobil Toyota di Indonesia Imbas Fuel Pump

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 09:52 WIB
Recall Toyota di Indonesia melibatkan Alphard, Corolla, hingga pikap Hilux. Toyota Indonesia mengumumkan recall sejumlah produknya terkait kerusakan fuelpump via situs resmi Toyota-Astra Motor. (.Foto: Dok. Innova Community)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Indonesia mengumumkan recall sejumlah produknya terkait kerusakan pompa bahan bakar atau fuel pump. Perusahaan meminta konsumen yang mobilnya terlibat segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi Toyota terdekat.

Recall Toyota diumumkan di situs resmi Toyota-Astra Motor (TAM). Dalam keterangan tertulis TAM, disebutkan mobil yang terlibat penarikan di antaranya Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, dan Kijang Innova, Fortuner, serta Hilux produksi 2017-2019.

Toyota tidak menuliskan jumlah total mobil yang mengalami masalah pada komponen tersebut.


Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto menyebutkan kampanye perbaikan ini sejalan dengan komitmen perusahaan yang mengutamakan keamanan dan keselamatan para pelanggannya.

"Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kami sangat menghimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota," kata Henry dikutip Senin (3/8).

Menurut Henry, proses pengecekan dan penggantian komponen itu cukup mudah dan tanpa biaya.

Henry mengatakan seluruh jaringan bengkel Toyota akan dilibatkan untuk kampanye perbaikan agar konsumen segera melakukan penggantian fuel pump atas model kendaraan itu.

Dijelaskan juga pelanggan dapat menghubungi jaringan resmi Toyota dan menghubungi Toyota Customer Care terkait program ini. Selain itu konsumen dapat mengunjungi situs resmi Toyota dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program penggantian fuel pump ini ataukah tidak.

Jika termasuk, pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penggantian fuel pump jika diperlukan.

Dijelaskan, selama masa pandemi corona (Covid-19) pelayanan pemeriksaan kendaraan tetap dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol di setiap daerahnya.

Namun untuk mengurangi potensi penularan, penggantian dapat dilakukan setelah masa darurat pandemi usai. Tapi konsumen disarankan selalu memperhatikan tanda peringatan di kendaraan, jika ada indikasi malfungsi segera bawa kendaraan ke bengkel resmi Toyota terdekat.

"Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar dua jam hingga maksimal emat jam dan tanpa dipungut biaya sama sekali," ucap Henry.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]