Jangan Keliru, Mitsubishi Pajero Beda dengan Pajero Sport

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 12:23 WIB
Pajero merupakan SUV besar yang hanya diproduksi di Jepang, sedangkan Pajero Sport berukuran lebih kecil yang diproduksi dan dijual di Indonesia. Mitsubishi Pajero Sport. (Dok. MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mitsubishi mempunyai dua produk Sport Utility Vehicle (SUV) dengan nama nyaris serupa yakni Pajero dan Pajero Sport. Dua produk ini berbeda signifikan, namun masyarakat kerap menganggapnya serupa.

Pajero merupakan SUV yang ukurannya lebih besar dari Pajero Sport, model ini sekelas dengan Toyota Land Cruiser. Nama lain Pajero di negara lain yakni Shogun atau Montero.

Sementara Pajero Sport adalah SUV medium yang setara Toyota Fortuner, Isuzu Mux, atau Nissan Terra. Sama seperti Pajero, Pajero Sport juga punya nama lain yaitu Shogun Sport atau Montero Sport.


Mitsubishi Pajero.Mitsubishi Pajero. (Dok. Mitsubishi)

Pajero

Pajero merupakan big SUV Mitsubishi yang generasi pertamanya meluncur pada 1982. Hingga saat ini Pajero sudah melintas empat generasi.

Masing-masing generasi memiliki perbedaan. Misalnya generasi pertama yang memiliki dua pilihan atap yakni terbuat dari metal dan canvas, serta pilihan tiga dan lima pintu.

Ubahan terus dilakukan hingga generasi keempat yang memiliki pilihan antara bodi pendek tiga pintu dan bodi panjang empat pintu.

Sedangkan dari sisi dapur pacu generasi pertama, mesin yang digunakan mulai 2.000 cc bensin, 2.300 cc diesel, 2.300 cc turbo diesel, dan 3.000 cc bensin. Sementara saat ini mesin yang tersedia yaitu 3.000 cc bensin, 3.200 cc turbo diesel, 3.800 cc bensin.

Mesin-mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi antara 5-percepatan otomatis dan 4-percepatan manual. Dari generasi pertama hingga keempat, sistem gerak mobil ini sama yakni Super Select 4WD.

Pajero dikenal global sebab punya 12 gelar balapan reli dunia, salah satunya juara 'Unmodified 4WD Production' di reli Paris-Dakar pada 1983 saat percobaan pertamanya.

Pajero hanya diproduksi di Jepang, namun produksinya direncanakan berhenti sepenuhnya pada 2021 lantaran penyusutan permintaan.

Pajero Sport

Pajero Sport memang mewarisi DNA Pajero, namun secara spesifikasi dan segmentasi sepenuhnya berbeda. Saat ini Pajero Sport telah melalui tiga generasi.

Pajero Sport pertama muncul pada 1996 dengan konfigurasi lima pintu yang mampu memuat lima penumpang. Lantas generasi ketiga hadir dengan lima pintu tujuh penumpang, atau sama dengan generasi saat ini.

Mobil ini juga memiliki berbagai pilihan mesin, antaranya generasi peryama yaitu 2.500 cc diesel turbo, 2.800 cc diesel turbo, 3.000 cc bensin, dan 3.500 cc bensin. Sedangkan generasi ketiga atau saat ini 3.000 cc bensin, 2.400 cc diesel turbo, dan 2.500 cc diesel turbo

Sementara transmisinya cukup beragam yakni 5-percepatan manual, 6-percepatan kecepatan manual, 5-percepatan semi otomatis, 4-percepatan kecepatan otomatis, dan 5-percepatan otomatis. Beda dari Pajero, sistem gerak mobil ini ada dua pilihan yaitu 2WD dan Super Select 4WD.

Saat ini Pajero Sport telah dipasarkan ke berbagai negara, namun basis produksi hanya empat negara, yaity Thailand, Rusia, Banglades, dan Indonesia. Untuk diketahui terkait spesifikasi Pajero dan Pajero Sport bakal berbeda karena menyesuaikan negara di mana mobil itu dipasarkan.

"Meski berbagi DNA tangguh dengan daya tahan dan performa yang tinggi, Mitsubisihi Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport adalah dua model atau produk dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda," kata Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, Selasa (4/8).

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]