Alat Sinar UV-C Basmi Corona ala LIPI Masih Tunggu Izin Edar

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 14:01 WIB
LIPI menyatakan alat sterilisasi ruangan dengan sinar UV-C bernama Si-SUSan untuk menekan angka penularan Covid-19 masih uji efektivitas. Ilustrasi sinar UV-C basmi virus corona. (iStockphoto/alvintus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan alat sterilisasi ruangan berbasis sinar UV-C bernama Si-SUSan yang berfungsi untuk menekan angka penularan virus corona (Covid-19) masih menjalani sejumlah proses.

Peneliti Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI, Yusuf Nur Wijayanto mengatakan pihaknya masih berupaya mempercepat seluruh proses agar Si-SUSan dapat diproduksi massal.

"Saat ini masih proses," ujar Yusuf kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/8).


Yusuf menuturkan salah satu proses yang tengah dijalani Si-SUSan adalah proses izin edar. Sebagaimana diketahui, alat tersebut harus mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dan mendapat sertifikasi dari Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan.

Proses kedua, Yusuf mengatakan Si-SUSan sedang proses persiapan uji efektifitas. Pada pertengahan Juli 2020, LIPI mengabarkan Si-SUSan akan uji efektivitas virus SARS-CoV-2 di Laboratorium Biosafety Level-3 LIPI.

Meski demikian, Yusuf mengklaim Si-SUSan sudah melakukan uji pasar awal untuk pre-order. Namun, dia enggan membeberkan secara rinci pihak mana yang sudah memesan alat tersebut.

Sejauh ini, dia mengatakan Si-SUSan baru diproduksi dalam jumlah terbatas.

"Jadi belum ada yang signifikan. Kami masih berusaha mempercepatnya," ujarnya.

Sebelumnya, Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI menyatakan Si-SUSan tengah menunggu uji efektivitas virus SARS-CoV-2 di Laboratorium Biosafety Level-3 LIPI dan akan diproduksi secara manufaktur bekerja sama dengan PT. Gerlink Utama Mandiri.

Si-SUSan diharapkan dapat menekan mata rantai penyebaran Covid-19 di dalam ruangan. Selain dapat dikendalikan melalui aplikasi di ponsel pintar, Si-SUSan dapat mengatur target virus yang akan dibasmi dan penjadwalan sterilisasi melalui aplikasi berbasis Android.

Si-SUSan juga diklaim dibekali sistem keamanan terhadap manusia di sekitarnya. Dengan desain sederhana, Si-SUsan dapat digunakan untuk sterilisasi di fasilitas layanan kesehatan, perkantoran, sekolah, dan rumah tangga.

Si-SUSan telah selesai menjalani uji keamanan listrik di Pusat Penelitian Teknologi Pengujian LIPI.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]