Pembeli Gim Konsol Tinggi Kala Covid-19, PS5 Rilis Agustus

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 20:45 WIB
Pengumuman peluncuran dan harga PlayStation 5 akan segera dilakukan pada bulan Agustus 2020. Ilustrasi PlayStation 5. (playstation.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengumuman peluncuran PlayStation 5 direncanakan akan segera dilakukan pada bulan ini. Melansir dari IGN Southeast Asia, langkah Sony itu masih 'samar', sebab adanya kemungkinan bahwa pengumuman akan lebih fokus pada harga dan tanggal rilis konsol.

Kendati demikian, penggemar PlayStation dapat menghibur diri dengan bergabung melalui streaming online pada acara 'State of Play' yang akan digelar pada Kamis (6/8) mendatang. 

Acara ini didesain bukan khusus untuk PS5, namun akan fokus kepada gim pihak ketiga, termasuk gim dalam PS4 dan PS VR.


"Kami akan memberitahu penggemar kapan pre order akan terjadi. Ini tentu tidak akan terjadi dengan pemberitahuan satu menit," ujar Kepala Pemasaran dan Marketing PlayStation Eric Lempel, Selasa (4/8).  

Lempel memahami bagaimana antusiasme penggemar, namun ia meminta kepada penggemar untuk tidak terlalu berlebihan dalam menunggu rilis PS5. Sebab, pihaknya mau tak mau pasti akan segera meluncurkannya.

"Jadi, tolong, jangan merasa seperti Anda harus pergi keluar rumah dan berbaris, sampai menerima pemberitahuan resmi tentang bagaimana gim itu bekerja," lanjutnya.

Melansir Tech Radar, Sony pada kuartal pertama bulan ini cukup menghasilkan cuan yang bagus di bisnisnya. Sony berhasil menjual perangkatnya dengan jumlah lebih banyak dari rival perusahaan lainnya.

Hal ini juga beriringan dengan pola orang-orang yang gemar membeli gim konsol saat pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini.

Baru-baru ini, Sony memamerkan wujud PS5 yang notabenenya bakal menjadi saingan Xbox Series X buatan Microsoft. PS5 tersedia dua varian yaitu Digital Edition dan 4K Blu-ray yang harganya belum diungkap perusahaan.

Kendati demikian, sejumlah penggiat gim memprediksi harga PS5 bakal tembus hingga 499 dolar AS atau sekitar Rp6.9 juta. Harganya dianggap masuk akal karena Sony melakukan banyak inovasi di perangkat konsol gim terbaru mereka.

Menyoal harga PS5 varian Digital Edition, analis memperkirakan bahwa varian ini akan lebih murah dibanding 4K Blu-ray karena Sony tidak menyematkan drive (hard disk) meskipun didukung komponen-komponen yang mumpuni seperti SSD 852GB dan CPU AMD Zen 2 core delapan serta GPU AMD RDNA 2.

Selain itu, PS5 kata Sony bakal didukung lebih dari 4.000 judul, termasuk lini gim yang ada di PlayStation 4. Gim-gim tersebut dijadwalkan rilis tahun ini dan 2021 mendatang.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]