Toyota Sangkal Corolla Cross Bentrok Honda HR-V

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 17:52 WIB
Toyota Corolla Cross punya mesin 1.800 cc seperti Honda HR-V, namun ukuran bodinya lebih besar. Toyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Thailand)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Astra Motor (TAM) menyangkal SUV baru Corolla Cross bakal bentrok dengan Honda HR-V yang sama-sama tersedia pilihan mesin bensin konvensional 1.800 cc.

Anton Jimmi, Direktur Pemasaran TAM, menjelaskan, berdasarkan platform Corolla Cross satu kelas dengan Honda Civic, sementara HR-V dirancang dari platform Jazz.

Honda HR-V.Honda HR-V. (Dok. Honda Indonesia)


Kendati Corolla Cross punya mesin 1.800 cc, dimensinya lebih besar dari HR-V. Ukuran bodi crossover yang dirancang dari platform Toyota New Global Architecture C (TGNA-C) seperti pada sedan Corolla ini lebih mirip Honda Civic.


Catatan spesifikasi dimensi Corolla Cross yakni panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sementara wheelbase persis C-HR, yaitu 2.640 mm.

"Jadi dari sisi platform, engine, wheelbase, size juga lebih besar kalau dibandingkan dengan compact SUV ya," ucap Anton saat peluncuran virtual Corolla Cross, Kamis (6/8).

Toyota C-HR HybridToyota C-HR. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Kanibal C-HR

Menurut Anton kehadiran Corolla Cross justru berpotensi bakal mengikis pasar saudaranya sendiri yaitu C-HR. Corolla Cross didesain lebih fungsional sebagai mobil keluarga dan ditawarkan dengan harga lebih murah, sedangkan C-HR dirancang atraktif dengan orientasi performa.

"Walau tidak bisa dihindari kanibal meski saya harap tidak banyak," kata Anton dalam diskusi virtual, Kamis (6/8).

Corolla Cross dan C-HR sama-sama punya varian hybrid, ini juga salah satu faktor yang bisa bikin konsumen lebih melirik ke Corolla Cross.

Toyota memasarkan C-HR mesin bensin Rp511,05 juta dan Rp512,55 juta, sedangkan varian hybrid dijual Rp546,29 juta dan Rp547,79 juta.

Sementara Corolla Cross mesin bensin dibanderol Rp457,8 juta dan versi hybrid Rp497,8 juta.


Anton meyakini proses kanibal Corolla Cross pada C-HR tidak banyak sebab pada dasarnya target konsumennya berbeda.

Menurut dia konsumen C-HR adalah pengemudi individual yang senang berkendara sendiri. Sedangkan calon konsumen Corolla Cross merupakan seseorang yang mengincar kenyamanan baik saat mengemudi, maupun menjadi penumpang.

TAM menargetkan penjualan Corolla Cross semasa pandemi virus corona (Covid-19) ini minimal mencapai 200an unit per bulan. Target itu lebih tinggi dari yang dikemukakan TAM saat peluncuran perdana C-HR pada April 2018 yakni 110-140 unit per bulan.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]