Fosil Semut Neraka 99 Juta Tahun Ditemukan Lagi Makan Kecoak

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 11:55 WIB
Fosil Semut Neraka prasejarah yang telah lama punah ditemukan membeku di dalam batu amber berusia 99 juta tahun. Ilustrasi semut. (Pixabay/Dragonfyre20)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fosil Semut Neraka prasejarah yang telah lama punah ditemukan membeku di dalam batu amber berusia 99 juta tahun. Di fosil ini, semut ditemukan sedang menjepit mangsanya dengan rahang yang berbentuk sabit.

Ilmuwan mengidentifikasi Semut Neraka sebagai predator ganas bernama latin Ceratomyrmex ellenbergeri. Fosil merupakan fosil pertama yang memperlihatkan cara Semut Neraka makan. Mangsa yang berada di fosil merupakan kerabat dari kecoak.

Ahli paleontologi selama ini selalu berspekulasi untuk membayangkan cara makhluk kuno memangsa makanannya.


"Perilaku fosil sangat jarang, terutama memangsa," kata Phillip Barden, yang mempelajari evolusi serangga sosial di New Jersey Institute of Technology (NJIT).

Semut adalah salah satu makhluk hidup paling beragam di planet Bumi. Sampai saat ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 12,5 ribu spesies berbeda. Bahkan Ilmuwan memprediksi masih ada 10 ribu spesies lainnya yang belum teridentifikasi.

Faktanya, Barden mengatakan mulut Semut Neraka berbeda dengan serangga yang hidup saat ini. Semut neraka yang baru diidentifikasi ini menggunakan rahang bawahnya untuk bergerak ke atas dan mengaitkan tanduk yang berbentuk seperti dayung.

Dilansir dari Science Daily, berlawanan dengan serangga purba ini, semut modern dan hampir semua heksapoda lainnya memiliki rahang yang hanya bergerak pada sumbu horizontal atau dari samping ke samping, bukan dari atas ke bawah.

Dilansir dari CNN, amber itu ditemukan deposit amber di Myanmar utara. Amber berukuran kecil dengan lebar di bawah 2,5 cm.

"Sejak semut neraka pertama digali sekitar seratus tahun yang lalu, sudah menjadi misteri mengapa hewan yang punah ini sangat berbeda dari semut yang kita miliki saat ini," kata Barden.

Catatan Redaksi: Judul diubah pada pukul 12:37 WIB karena kurang lengkap, dari semula 'Fosil Semut Neraka Usia 99 Tahun Ditemukan Lagi Makan Kecoa" menjadi "Fosil Semut Neraka 99 Juta Tahun Ditemukan Lagi Makan Kecoa".

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]