Peneliti Temukan Galaksi Spiral Baru

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 05:10 WIB
Peneliti menemukan galaksi spiral baru menggunakan teleskop Hubble. Ilustrasi galaksi spiral (dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Teleskop luar angkasa Hubble berhasil menangkap gambar sebuah galaksi berbentuk spiral yang berjarak 284 juta cahaya dari Bumi.

Galaksi yang disebut NGC 4907 tersebut berada di konstelasi Coma Berencies. Tak jauh dari galaksi spiral itu tampak sebuah bintang yang besar bercahaya.

Dalam foto, galaksi terlihat berada di atas sebuah bintang yang terletak tepat di bawah galaksi. Bintang terang itu sesungguhnya ada di galaksi Bima Sakti, tempat Bumi berada.


Hanya saja sudut pandang atau perspektif dalam hal ini membuat seolah bintang berada tepat di bawah galaksi. Bahkan bintang itu terlihat lebih besar dan sangat dekat dari galaksi,

Padahal bintang itu berjarak 2,500 tahun cahaya dari Bumi atau 100 ribu jauh lebih dekat dari Bumi dibandingkan galaksi NGC 4907.

Dilansir dari Sky Night Magazine, galaksi ini adalah anggota Cluster Coma, sebuah kelompok yang terdiri lebih dari 1.000 galaksi, beberapa di antaranya dapat dilihat pada gambar ini di sekitar NGC 4907. 

"NGC 4907 adalah bagian dari Coma Cluster, sekelompok lebih dari 1.000 galaksi, beberapa di antaranya dapat dilihat di sekitar galaksi ini dalam gambar ini," kata astronom Hubble.

Dilansir dari Scinews gugusan galaksi masif ini terletak di dalam konstelasi Coma Berenices. Konstelasi ini dinamai berdasarkan  Ratu Berenice II dari Mesir. Nama ini membuat Coma Berenices menjadi satu-satunya konstelasi yang dinamai berdasarkan orang. 

NGC 4907 juga terindetifikasi dengan nama  LEDA 44819, ECO 3847, AGC 221418, GMP 2441 dan GP 215 dalam berbagai katalog astronomi. Galaksi ditemukan oleh astronom Jerman Heinrich d'Arrest pada 5 Mei 1864.

Foto adalah gabungan dari eksposur terpisah yang diperoleh Hubble Wide Field Camera 3 (WFC3). Dua filter digunakan untuk mengambil sampel dengan berbagai panjang gelombang.

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA