TIPS OTOMOTIF

Tips Bawa Sepeda Rebahan di Kabin Mobil

fea, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 09:38 WIB
Membawa sepeda di kabin mobil butuh ruang yang cukup dengan fitur jok yang dapat dilipat sampai rata. Tips membawa sepeda di kabin mobil. (Dok. MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sepeda merupakan salah satu barang favorit masyarakat semasa pandemi Covid-19 selain ikan cupang dan tanaman aglonema. Bersepeda bisa di mana saja, namun terkadang lokasi yang dituju cukup jauh jadi butuh transportasi lebih dulu.

Salah satu cara membawa sepeda menggunakan mobil. Secara umum sepeda bisa diletakkan di atap, di belakang, atau di dalam kabin.

Meletakkan sepeda di atap atau di belakang butuh alat khusus seperti roof rail atau rel sepeda. Paling mudah sepeda bisa dibawa di kabin, meski begitu ada konsekuensi kapasitas penumpang jadi berkurang.


Mengangkut sepeda di kabin juga tak bisa dilakukan sembarangan pasalnya butuh ruangan yang luas dan fungsionalitas tertentu.

Sepeda jenis yang bisa dilipat tentu tidak butuh banyak ruangan, namun jika sepeda konvensional perlu tersedia ruangan yang cukup. Jenis mobil yang cocok buat mengangkut sepeda yakni yang punya atap tinggi atau interior lebar seperti pada MPV atau SUV.

Selain itu mobil juga lebih baik memiliki fitur jok yang dapat dilipat rata pada baris kedua dan ketiga.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia memberikan tips terkait membawa sepeda di kabin mobil. Menurut dia mengangkut sepeda paling enak jika tak perlu melepas ban lebih dulu.

Posisi menempatkan sepeda, kata Rifat, bisa berdiri atau rebahan. Namun dia menjelaskan tips jika ingin melakukannya rebahan.

"Caranya ban belakang masuk terlebih dahulu, seandainya sepeda ingin ditidurkan bagian crank harus di bagian atas jangan sampai tertindih oleh frame sepeda itu sendiri," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (13/8).

Sementara jika ingin meletakkannya berdiri dia menyebut ada opsi mengatur ketinggian jok sepeda biar bisa menyesuaikan.

Rifat bilang membawa sepeda di atap mobil bisa saja dilakukan namun riskan untuk kondisi jalanan di Indonesia.

"Karena hambatannya banyak, takut nanti tersangkut pohon atau portal," katanya.

Sementara membawa di belakang mobil juga punya tantangan tersendiri sebab kata dia panjang sepeda umumnya lebih dari lebar mobil. Solusi buat masalah ini yakni mencopot ban terlebih dahulu.

(fea)

[Gambas:Video CNN]