KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Sulit Oper Gigi Mobil Manual

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 16/08/2020 20:12 WIB
Salah satu masalah yang kerap muncul saat mengendarai mobil manual yaitu kesulitan oper gigi. Kendala yang kerap ditemukan kesulitan menempatkan gigi persneling. (Foto: Istockphoto/Gudella)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa penyebab gigi perseneling sulit masuk

Penanya: @degeleng

Jawaban: Mengendarai mobil bertransmisi manual ada keasyikan tersendiri yang tidak didapat di mobil transmisi otomatis. Sebab pengendara bisa menempatkan gigi persneling sesuai keinginan. Namun kendalanya sering kesulitan menempatkan gigi persneling.


Kemungkinan penyebab utama adalah kanvas kopling yang sudah tipis atau karena ada kerusakan di dekrup atau lager. Bisa juga karena master kopling yang sudah aus sehingga injakan pedal kopling tidak bisa menekan kopling secara sepenuhnya.

Selain masalah itu, pemakaian oli persneling yang kurang sesuai dengan bawaan pabrik juga bisa menyebabkan sulit oper gigi persneling. Alasan teknis lainnya karena kekurangan oli persneling.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK