Ducati Rancang Sepeda Lipat Gaya Scrambler

CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2020 15:17 WIB
Ducati meluncurkan tiga sepeda lipat bertenaga listrik, dua di antaranya memakai ciri khas Scrambler Ducati. Sepeda lipat listrik Ducati SCR-E. (Ducati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ducati adalah salah satu produsen moge yang mempopulerkan motor scrambler modern. Kini merek asal Italia ini mencoba menerapkan desain itu pada sepeda lipat yang lagi tren saat pandemi.

Ducati meluncurkan tiga sepeda lipat listrik, yakni Urban-E, SCR-E, dan SCR-E Sport. Dua model terakhir mengenakan merek Scrambler Ducati.

Sepeda lipat Ducati.Sepeda lipat listrik Ducati SCR-E Sport. (Ducati)

Ketiga sepeda lipat ini merupakan hasil kerja sama departemen desain Ducati, Centro Stile Ducati, dengan rumah desain Italia yang terkenal, Italdesign.


Urban-E akan tersedia mulai Oktober sedangkan model SCR-E sudah mulai dipasarkan.

Dijelaskan Paultan, Kamis (3/9), SCR-E dan SCR-E Sport mengenakan roda 20 x 4 inci. Varian Sport dilengkapi suspensi di belakang dan pelek alloy, sedangkan
SCR-E memakai telescopic di depan.

Sepeda ini dilengkapi baterai 0,37 kWh yang diintegrasikan ke dalam rangka. Kemampuannya dapat memberi jarak perjalanan hingga 70 km dengan sekali pengisian.

Varian Sport membawa baterai 0,46 kWh dengan jarak tempuh 80 km dan Urban-E memiliki baterai 0,37 kWh

Fitur lain pada sepeda ini yakni lampu belakang pada jok dan layar LCD untuk memberikan informasi terkait kondisi sepeda. Tak disebutkan harga untuk ketiga sepeda tersebut.

Sepeda lipat Ducati.Sepeda lipat listrik Ducati Urban-E. (Ducati)

"Sepeda elektronik yang dapat dilipat semakin umum digunakan sebagai alat transportasi berkelanjutan di kota-kota," kata Nicola Guelfo, kepala desain industri di Italdesign.

"Kami telah memasukkan elemen gaya khas Ducati dan menyesuaikannya dengan persyaratan struktural dan desain untuk keperluan sepeda, dan tentu saja mempertimbangkan kebutuhan pengguna," ucapnya lagi dalam laporan dezeen.

Selain Ducati, merek mobil Korea Selatan, Hyundai, sebelumnya sudah meluncurkan prototipe skuter lipat yang daya listriknya dapat diisi di mobil. Sedangkan pabrikan Harley-Davidson meluncurkan sepeda motor listrik dengan ukuran kecil.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]