Tips Aman Nonton Streaming Netflix cs

jnp, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 14:41 WIB
Menurut survey, banyak pengguna layanan streaming seperti Netflix berbagi password akun yang rentan dibobol. Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penelitian Kaspersky menemukan bahwa layanan streaming online membuat orang kerap berbagi informasi akun dengan orang lain.

Biasanya ini dilakukan agar teman atau rekan serumah juga memberikan informasi pribadi mereka di layanan streaming lainnya.

Sebab, lewat fitur sharing ini, pengguna bisa mengurangi biaya berlangganan layanan streaming. Mereka bisa membagi rata biaya berlangganan dan menggunakan satu akun langganan itu untuk berbagai profil.


Hal ini terbukti dari pengakuan sepertiga responden (33 persen) yang mengatakan bahwa mereka berbagi layanan ritel online, seperti eBay atau Amazon Prime, dengan rekan serumah.

Layanan streaming menjadi populer di Indonesia, baru-baru ini Disney+ Hotstar meramaikan pasar streaming Indonesia yang telah diisi oleh Netflix dan Iflix.

Selain itu, 30 persen mengaku berbagi akun pengiriman makanan mereka, seperti Deliveroo, dan langganan game online (misalnya Xbox Live).

Padahal hal ini menjadi sumber kebocoran kata sandi, apalagi jika teman sharing itu tidak perhatian dengan keamanan sibernya.

Kaspersky menyarankan  hal berikut kepada orang-orang yang tinggal di rumah atau apartemen bersama, untuk membantu menjaga perangkat tetap aman dari serangan peretas meski berbagi informasi akun pribadi. 

1. Jangan mengklik tautan yang dibagikan melalui email yang tidak diminta atau mencurigakan. Pertama, periksa apakah pengirimnya asli dengan cara mengunjungi situs web resmi.

2. Jangan membagikan informasi pribadi atau mengizinkan akses ke akun Anda dengan pihak ketiga kecuali jika benar-benar diperlukan. Ini akan meminimalkan kemungkinan menjadi target yang mudah ditemukan di internet.

3. Gunakan solusi keamanan yang kuat seperti password manager untuk
menghasilkan dan mengamankan kata sandi unik pada setiap akun, dan menghindari penggunaan kata sandi yang sama berulang kali.

4. Instal solusi keamanan siber seperti anti virus. Akun yang dimiliki solusi ini akan melindungi detail akun dan menginformasikan jika ada data pribadi Anda yang disusupi.

(eks/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK