2 Negara yang Produksi Xpander Selain Indonesia

fea, CNN Indonesia | Rabu, 09/09/2020 10:41 WIB
Indonesia sudah tidak lagi eksklusif sebagai negara produsen Xpander, sebab produksi sudah dilakukan di Vietnam dan akan menyusul Malaysia. Mitsubishi Xpander dirakit di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia adalah negara pertama yang memproduksi Xpander di dunia, penunjukan ini sebagai bagian misi Mitsubishi mencicipi segmen pasar penjualan mobil terbesar di dalam negeri, yakni low MPV 7-penumpang. Namun saat ini Indonesia tidak lagi eksklusif sebab Xpander sudah diproduksi di Vietnam kemudian akan menyusul Malaysia.

Xpander merupakan alasan terbesar Mitsubishi mendirikan pabrik baru khusus mobil penumpang di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik yang berdiri pada 25 April 2017 ini bukan cuma memproduksi Xpander untuk kebutuhan dalam negeri, tetapi juga buat ekspor.

Berdasarkan data Gaikindo, Xpander buatan Indonesia diekspor ke Mesir, Peru, Nepal, Bolivia, dan semua negara di Asia Tenggara.


Pabrik telah memproduksi Xpander sejak September 2017, tahun pertama Xpander diperkenalkan kepada dunia dari Indonesia. Menurut keterangan Mitsubishi Motors, sejak peluncuran di Indonesia total penjualan Xpander hingga Juni 2020 sudah mencapai 260 ribu unit.

Kemudian pada 2019 pabrik juga memproduksi Nissan Livina yang menggunakan basis Xpander.

Permintaan Xpander sangat tinggi, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Kapasitas awal pabrik 160 ribu unit per tahun dirasa tak lagi cukup sebab itu Mitsubishi memutuskan menambahnya menjadi 200 ribu unit.

Nampaknya kapasitas produksi yang sudah ditambah itu pun belum memenuhi permintaan di banyak negara. Hal ini yang mendorong Mitsubishi memutuskan menambah sumber produksi Xpander di Vietnam.

Xpander meluncur di Vietnam pada Oktober 2018. Sejak kehadiran Xpander, Mitsubishi mencatat penjualan 14 ribu unit pada tahun fiskal 2018, itu naik dua kali lipat dibanding periode sebelumnya.

Hingga Juni total penjualan Xpander di Vietnam sudah tembus 28 ribu unit. Kemudian pada Juli, Mitsubishi memulai produksi massal secara lokal di Vietnam.

Pada 8 September Mitsubishi Motors Malaysia mengumumkan Xpander bakal diproduksi lokal, bukan mengambil unit impor dari Malaysia ataupun Vietnam. Malaysia bakal memproduksi Xpander di pabrik di Pekang, Pahang.

Xpander belum diluncurkan secara resmi di Malaysia dan tidak ada penjelasan kapan produksi lokal akan dimulai. Mitsubishi Motors Malaysia saat ini sedang menyiapkan prosesi peluncuran Xpander yang kemungkinan sudah mengadopsi desain facelift seperti telah diluncurkan di Indonesia pada Februari.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK