Lulus Uji Tipe, Hyundai Kona Electric Mau Dijual di Indonesia

ryh, CNN Indonesia | Rabu, 09/09/2020 15:03 WIB
Kementerian Perhubungan membocorkan Hyundai Kona Electric telah lulus uji tipe dan harganya Rp674,8 juta (on the road). Hyundai Kona Electric tertangkap kamera sedang parkir. (Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Kona Electric disebut sudah lulus uji tipe sehingga memperoleh Sertifikasi Uji Tipe (SUT) dan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mobil listrik ini telah memenuhi syarat penting sebelum bisa dijual di Indonesia.

Mengutip Antara pada Rabu (9/9), Kemenhub memaparkan Kona Electric adalah salah satu dari 29 tipe mobil listrik yang sudah mendapatkan SUT dan SRUT. Sebelumnya diketahui mobil ini telah terdaftar di situs Samsat DKI Jakarta.

"Dari data kami untuk kendaraan yang sudah disertifikasi dan memiliki SUT dan SRUT itu di kendaraan listrik roda empat ada 29 tipe," kata Kepala Seksi Sertifikasi Kemenhub Jabo Nur Utip dalam diskusi virtual.


Bukan hanya mengungkap soal uji tipe, Kemenhub juga membocorkan harga jual Kona Electric dalam presentasi yakni Rp674,8 juta on the road Jakarta.

Gaung Kona Electric bakal dipasarkan di Indonesia sebetulnya sudah terdengar sejak lama. Wujud mobil ini bahkan sempat terpergok sedang parkir di sebuah pusat perbelanjaan Jakarta.

Kemunculan mobil ini juga sejalan dengan rencana Hyundai yang hendak memasarkan mobil listrik produksi di Indonesia. Diketahui pabrik Hyundai yang kini dibangun di dalam negeri direncanakan akan memproduksi banyak model, termasuk mobil listrik.

GM Marketing Department Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid A. Wijana pernah mengatakan perusahaan sedang melihat kemungkinan beberapa produk yang cocok untuk pasar Indonesia.

Hyundai Kona Electric.Hyundai Kona Electric. (hyundai.com)

Namun tidak dijelaskan Astrid deretan model mobil yang sedang diuji saat ini. Jika Kona Electric jadi dijual, ini bakal menjadi mobil listrik kedua Hyundai yang dipasarkan di dalam negeri setelah Ionic dengan harga Rp569 juta off-the-road (tanpa pajak-pajak).

"Hyundai tengah meninjau berbagai lini produk yang berpotensi memberikan kepuasan paling optimal bagi para konsumen di Indonesia, sehingga berbagai kemungkinan masih terbuka. Kami berharap dapat berbagi informasi selengkapnya setelah ada keputusan lebih lanjut," kata Astrid.

Kona Electric sejauh ini hanya dipasarkan di sejumlah negara, salah satunya Amerika Serikat. Kona dengan mesin konvensional 2.000 cc sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2019.

(fea)

[Gambas:Video CNN]