Harga dan Spesifikasi Xbox Series X, Meluncur November

CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 14:42 WIB
Microsoft bakal merilis Xbox Series X pada November mendatang dan dilego Rp7,1 juta dengan kelengkapan spesifikasi sebagai berikut. Microsoft Xbox Series X (Screenshot via web microsoft.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft Xbox Series X terbaru akan dibanderol dengan harga US$499 atau sekitar Rp7,1 juta. Xbox series X akan diluncurkan pada 10 November dan pre-order akan dimulai pada 22 September. 

Xbox series X ini dibanderol dengan harga yang sama dengan Xbox One X yang saat ini berada di pasar.


Langkah ini diambil oleh Microsoft untuk menjaga agar harga tetap stabil di tengah pandemi Covid-19 ini. Microsoft juga membuat game yang lebih baru agar dapat dimainkan di konsol lama dan di cloud gaming.

Xbox Series X mendukung kompatibilitas dengan perangkat gim generasi sebelumnya (backwards compatibility) hingga ketiga generasi konsol Xbox ke belakang. Artinya Xbox Series X bisa memainkan gim-gim dari Xbox, Xbox 360 dan Xbox One.

Jason Ronald, direktur manajemen program untuk Xbox Series X, mengatakan Microsoft tidak akan memaksa pemain untuk membeli perangkat terbaru dan lebih fokus kepada pengalaman bermain para gamer

"[kami] Benar-benar fokus pada pemain dan tidak mencoba memaksa pemain untuk meningkatkan ke perangkat individu atau menjadikan sesuatu yang eksklusif untuk perangkat ini. atau perangkat itu. Saya pikir itulah yang benar-benar membedakan kami dari kompetisi," kata Ronald, seperti dikutip CNN. https://edition.cnn.com/2020/09/09/tech/xbox-series-x-price/index.html

Detil Xbox Series X

Xbox Series X diklaim merupakan konsol game paling kuat untuk mendukung peningkatan grafis di game-game terbaru. Xbox Series X dibekali dengan 12 TFLOP RDNA 2 GPU dengan kekuatan delapan kali lipat dari Xbox One.

Dengan spesifikasi itu, Xbox mampu menghadirkan gim dengan kualitas 4K pada kecepatan bingkai 60 fps hingga 120 fps. Prosesor yang dirancang khusus di jantung Xbox Series X mencakup kemampuan inovatif baru seperti Variable Rate Shading (VRS), penelusuran sinar DirectX yang dipercepat perangkat keras.

Mengutip laman Xbox, perangkat ini juga dibekali dengan CPU 9 inti Zen 2 yang lebih kuat empat kali lipat dari Xbox One. Xbox Series X juga dibekali dengan memori GDDR6 bandwidth tertinggi dari konsol generasi berikutnya, dan solid state drive (SSD) generasi berikutnya. 

Xbox Series X dibuat untuk memungkinkan pemain menghabiskan lebih sedikit waktu menunggu dan lebih banyak waktu bermain. Kekuatan prosesor Xbox bisa membuat pengguna tak perlu menunggu lama saat mengganti gim, loading, dan dengan cepat melanjutkan bermain gim.

Quick Resume adalah fitur platform baru yang diaktifkan melalui Arsitektur Xbox Velocity dan arsitektur OS khusus yang memungkinkan pemain untuk melanjutkan gim tepat di saat terakhir gamer memainkan gim tersebut.

Dengan inovasi HDMI 2.1, Mode Latensi Rendah Otomatis (ALLM) dan Input Latensi Dinamis (DLI), Xbox Series X mampu memberikan latensi yang sangat rendah dari game control ke layar.

Xbox juga membangun membangun layanan seperti Xbox Game Pass, Xbox Live, dan Project xCloud di seluruh konsol, PC, dan seluler sehingga gamer bisa memainkan gim di perangkat apa pun. 

Dilansir dari situs Xbox, layanan ini menghilangkan stigma bahwa game yang dibeli hanya bisa dimainkan di perangkat tertentu. Layanan ini juga menghilangkan stigma bahwa gamer hanya bisa memainkan dengan teman apabila teman tersebut membeli game dan perangkat yang sama.

Spesifikasi Xbox Series X

CPU8x Cores @ 3.8 GHz (3.6 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU
GPU12 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 GPU
Die Size360.45 mm2
Process7nm Enhanced
Memory16 GB GDDR6 w/ 320b bus
Memory Bandwidth10GB @ 560 GB/s, 6GB @ 336 GB/s
Internal Storage1 TB Custom NVME SSD
I/O Throughput2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed, with custom hardware decompression block)
Expandable Storage1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly)
External StorageUSB 3.2 External HDD Support
Optical Drive4K UHD Blu-Ray Drive
Performance Target4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS
(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK