Tips Otomotif

Cara Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 12:15 WIB
Supaya kita tetap aman berkendara sepeda motor saat musim hujan, ada baiknya simak beberapa tips berikut. Pengendara motor baiknya gunakan jas hujan model two piece saat musim hujan. (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor harus mempersiapkan sejumlah hal penting untuk menunjang aktivitas berkendara. Hal ini meliputi perlengkapan dan pemahaman berkendara saat musim hujan.

Pertama, gunakan jas hujan two piece (baju dan celana), bukan ponco atau semacamnya. Diketahui jas hujan ponco bisa menyebabkan celaka, dan pengendara kesulitan mengendarai motornya.

Kedua, mengendarai motor saat hujan dianjurkan menjaga kecepatan untuk menghindari rem mendadak. Sebab kondisi jalan ketika hujan akan lebih licin sehingga traksi ban berkurang dan potensi terjadinya selip ban. Selain itu jaga jarak dengan kendaraan lainnya.


Ketiga, pesepeda motor disarankan menyalakan lampu utama pada saat hujan, meski siang hari. Saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar kita bisa terlihat pengendara lain dan sebaliknya.

Namun jika hujan terlalu lebat ada baiknya berhenti untuk berteduh. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat, hujan lebat membuat jarak pandang terbatas. Tunggu sampai hujan sedikit reda baru lanjutkan perjalanan.

Keempat ketika hujan turun ada kemungkinan jalan tergenang air pada titik-titik tertentu yang membuat pengendara tidak menyadari jalan berlubang atau rusak. Dengan keadaan demikian, pengendara wajib meningkatkan kewaspadaannya dalam berkendara, mengutip Astra.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]