Uji Produk

Review Singkat Samsung Galaxy Watch 3

CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 15:19 WIB
Review singkat Samsung Galaxy Watch 3 yang diklaim 15 persen lebih ringan, 14 persen lebih tipis, 8 persen lebih kecil dari versi terdahulu. CNNIndonesia.com sempat menguji singkat Galaxy Watch 3 41 mm Mystic Bronze (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Samsung resmi meluncurkan smartwatch generasi ketiga, Galaxy Watch 3. Dibanding Galaxy Watch versi terdahulu, jam tangan ini diklaim 15 persen lebih ringan, 14 persen lebih tipis, 8 persen lebih kecil.

Layar smartwatch ini pun diklaim lebih lega dari seri sebelumnya. Untuk strap atau tali jam, Samsung menyediakan pilihan stainles steel, kulit, dan versi titanium.

Untuk pilihan warna, Samsung menyediakan pilihan warna yang menarik untuk pengguna pria dan wanita. Untuk versi 45 mm yang lebih besar, disediakan warna Mystic Black dan Mystic Silver.


Sementara untuk ukuran yang lebih kecil 41 mm yang lebih manis disandingkan di tangan wanita, tersedia warna Mystic Bronze dan Mystic Silver. Kedua model memiliki layar OLED penuh warna dibalut Gorilla Glass.

Ketika produsen smartwatch lain berlomba untuk menyediakan smartwatch di berbagai lini harga. Samsung kini hanya menyediakan lini smartwatch premium dengan harga di atas Rp5 juta. 

Sebelumnya, Samsung sempat memiliki lini GearFit yang merupakan fitness tracker. Namun, menurut Denny Galant, Head of Product Marketing IT and Mobile, Samsung Electronics Indonesia, lini produk yang dilego sekitar Rp600 ribu hingga 1,7 juta itu kini tak dilanjutkan lagi. 

"Memang bentuknya bukan jam, tapi fitnes tracker," tuturnya dalam konferensi pers di Jakarta pekan lalu (10/9).

Desain dan penggunaan Galaxy Watch 3

Smartwatch ini dilengkapi dengan memori internal 8GB dan RAM 1 GB. Dengan demikian, pengguna bisa menyimpan musik langsung di jam tangan ini.

Sehingga, pengguna bisa berlari sembari mendengarkan musik langsung dari jam tangan tanpa harus membawa ponsel. Musik bisa terhubung dengan koneksi bluetooth ke earphone.

Selain itu ada pula fitur GPS, Find my phone, hingga smart reply. Dengan adanya GPS, pengguna tak perlu membawa ponsel untuk merekam rute ketika jam digunakan berlari di luar ruangan.

Samsung Galaxy Watch 3 smartwatch jam pintarMeski Samsung telah mendesain Galaxy Watch 3 lebih ringan dan tipis dari generasi sebelumnya, namun jam tangan pintar ini masih terlihat bulky dan sedikit berat. (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Tambahan memori internal danGPS memang membuat pengguna tak perlu repot membawa-bawa ponsel saat ingin berlari di luar ruangan misalnya. Tapi, di sisi lain, fitur-fitur tambahan ini menambah bobot dan tebal dimensismartwatch ini.

Bagi pengguna yang punya tangan mungil seperti tangan wanita, bobot jam yang lebih berat bisa mengganggu kenyamanan berlari. Namun, untuk tangan yang lebih besar, tidak akan terlalu menjadi masalah.

Selain itu, meski sudah lebih tipis dan ringan dari pendahulunya, jam tangan ini masih terlalu bongsor untuk tangan yang mungil.

Galaxy Watch 3 juga dilengkapi dengan fitur yang dapat menampilkan riwayat obrolan sehingga pengguna dapat dengan mudah mengikuti percakapan saat tengah beraktivitas.

Sementara untuk pengoperasian, pengguna bisa menggunakan layar sentuh dan bezel putar yang menjadi warisan dan kekhasan Galaxy Watch. Selain itu, Galaxy Watch 3 memiliki dua tombol di bagian kanan.

Namun saat dicoba, cara navigasi jam tangan ini cukup rumit dengan banyak tombol, bezel putar, dan layar sentuh sekaligus.

Samsung Galaxy Watch 3 smartwatch jam pintarTapi tak heran jika smartwatch ini lebih bongsor dan berat, sebab bobot ekstra ini terkait dengan sematan fitur memori internal, kapasitas baterai, hingga GPS internal. (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Dalam review singkat ini pun saya belum menemukan keuntungan lain dengan adanya bezel putar yang disediakan. Sebab, pengguna bisa mengakses fitur-fitur yang disediakan lebih cepat dengan menyentuh layar ketimbang memutarbezelnya.

Lewat Galaxy Watch 3, pengguna juga bisa membalas pesan yang masuk dengan emotikon dan menyediakan saran pesan balasan di jam tangan ini.

Selain itu, pengguna juga bisa melihat riwayat percakapan sebelumnya. Pengguna juga bisa mengangkat panggilan telepon dari smartwatch ini.

Galaxy Watch 3 disebut tahan air dengan sertifikasi IP68 yang bisa dibenamkan hingga 1,5 meter hingga 30 menit. Namun tidak disarankan untuk penggunaan di pantai.

Fitur kebugaran Galaxy Watch 3

Selain itu jam tangan ini juga bisa digunakan untuk memantau oksigen darah (SpO2 dan VO2 Max). Nantinya, smartwatch ini juga akan dilengkapi dengan fitur untuk mengukur tekanan darah. Namun, fitur ini masih belum tersedia untuk perangkat di Indonesia.

Fitur Blood oxygen (SpO2) saat ini mulai jamak disematkan pada smartwatch. Fitur ini berguna untuk mengukur dan memantau tingkat kadar oksigen di darah. Nilai saturasi ini antara 94 hingga 100.

Jika angka kurang dari 90, maka Anda mesti segera mengunjungi dokter. Kurang oksigen di dalam darah bisa menyebabkan kelelahan, pusing, mati rasa, kesemutan, hingga mual, seperti dikutip dari Homecaremag

Samsung Galaxy Watch 3 smartwatch jam pintarSmartwatch yang dijual dengan harga premium ini menyediakan pengukuran kebugaran mulai dari SPO2 yang juga disediakan oleh smartwatch Rp300 ribuan, hingga pengukuran VO2 Max, EKG, dan pengukur tekanan darah. Fitur-fitur terakhir ini, biasanya tersedia untuk smartwatch premium. (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Galaxy Watch 3 juga memberikan analisa saat pengguna berlari. Running analysis akan menawarkan feedback secara real-time sepanjang sesi lari, juga laporan enam faktor pasca olahraga, yang akan membantu memperbaiki postur, meningkatkan performa, dan mengurangi cedera. Untuk memantau kemajuancardio sepanjang sesi olahraga.

Galaxy Watch3 juga dilengkapi fitur VO2max, yang mengukur konsumsi oksigen saat berolahraga. VO2 max mengukur berapa mililiter oksigen yang dihirup pengguna dalam satu menit, dibagi dengan kilogram berat badan (mL/kg/min).

Angka konsumsi oksigen ini penting diketahui jika pengguna ingin meningkatkan ketahanan mereka saat beraktivitas fisik. Makin tinggi persentase VO2 Max seseorang, makin tinggi ketahanan fisiknya saat melakukan latihan berat.

Sebagai contoh, seorang atlet bakal mengonsumsi lebih banyak oksigen saat latihan fisik ketimbang mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik, seperti dikutip CNET

Samsung juga menghadirkan beberapa fitur tambahan untuk mendukung kesehatan pengguna. Tombol bagian kanan atas jam ini bisa digunakan untuk mengukur elektrokardiografi (EKG).

Samsung Galaxy Watch 3 smartwatch jam pintarSamsung Galaxy Watch 3 dengan pilihan tali dari bahan titanium. (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Fitur lain yang disediakan Galaxy Watch3 adalah Fall Detection, fitur yang dapat mengirimkan SOS ke kontak darurat ketika pengguna terjatuh.

Galaxy Watch 3 juga dapat digunakan untuk memantau tidur dan siklus Rapid Eye Movement (REM). Bahkan, Samsung bermitra dengan National Sleep Foundation untuk memberikan tips tidur bagi pengguna.

Di Indonesia,  Galaxy Watch3 45mm dijual dengan harga Rp6.299.000. Sedangkan Galaxy Watch3 41mm seharga Rp5.999.000. Untuk Galaxy Watch Titanium dilego Rp8.499.000.

Samsung Galaxy Watch 3 smartwatch jam pintarDalam paket penjualan, pengguna akan mendapat jam tangan yang sudah disertai tali sesuai pilihan, serta pengisi daya nirkabel. Charger akan langsung menempel secara magnetis pada jam tangan untuk mengisi daya. (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Spesifikasi Galaxy Watch 3 

Galaxy Watch 3 

Warna 

Stainless Steel: Mystic Bronze, Mystic Black, Mystic Silver 

Titanium: Mystic Black 

 

Bahan 

Stainless Steel case dengan strap kulit premium  

Titanium case dengan strap metal  

 

Dimensi 

& Berat 

45mm: 45 x 46,2 x 11,1 mm, 53,8g (Stainless Steel) / 43g (Titanium) 

41mm: 41 x 42,5 x 11,3 mm, 48,2g (Stainless Steel) 

*diukur tanpa strap 

 

Layar 

45mm: 1,4" (34mm) / 41mm: 1,2" (30mm) 

360 x 360 Super AMOLED, Full Color Always On Display, 

Corning® Gorilla® Glass DX 

 

Baterai 

45mm: 340mAh / 41mm: 247mAh 

WPC-based wireless charging 

 

AP 

Exynos 9110 Dual core 1.15 GHz 

 

OS 

Tizen Based Wearable OS 5.5 

 

Memori 

1GB RAM + 8GB internal storage 

 

Konektivitas 

Bluetooth v5.0, Wi-Fi b/g/n, NFC, GPS/Glonass/Beidou/Galileo  

 

Durabilitas 

5ATM + IP68 / MIL-STD-810G 

 

Kompatibilitas 

Android: Android 5.0↑, RAM 1.5GB↑ / iOS: iPhone 5↑, iOS 9.0↑ 

 

(eks)

[Gambas:Video CNN]