Cara Cek IMEI Ponsel Ilegal dan Resmi Berlaku 15 September

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 18:53 WIB
Berikut cara untuk mengecek IMEI ponsel BM dan resmi agar terhindar dari pemblokiran usai dipasang alat deteksi IMEI. Ilustrasi aturan IMEI untuk ponsel BM. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --


Pemerintah bakal memangkas peredaran ponsel ilegal atau ponsel BM (blackmarket) di dalam negeri melalui pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang berlaku 15 September 2020 pukul 22.00 WIB.

Hal ini diatur melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI.

Terlepas dari itu, pengguna disarankan lebih berwaspada dalam pembelian ponsel. Jangan sampai ponsel yang kita idamkan malah tak bisa digunakan sebab terganjal regulasi. Berikut cara agar masyarakat tak terjebak IMEI palsu di ponsel BM:

Periksa Kardus


Periksa kardus ponsel lalu cari stiker IMEI. Jika ada keterangan "Dirakit di Indonesia" atau "Diproduksi di Indonesia", dapat dipastikan ponsel tersebut bergaransi resmi dan bukan barang ilegal.


IMEI ponsel BM tidak Terdaftar pada Situs Pemerintah

Setiap ponsel legal memiliki IMEI yang telah terdaftar di basis data Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pengguna bisa melakukan pengecekan di situs Cek IMEI (https://imei.kemenperin.go.id/).

Untuk mengecek IMEI ponsel, bisa dilihat pada dus perangkat. Cara lain dengan menekan *#06# di ponsel.

Cara lain dengan mengklik Settings - Cari About Phone (Tentang Ponsel) - Cari kode IMEI untuk ponsel Samsung. Kadang kode ini tersembunyi di menu lainnya. 

Pada ponsel Xiaomi, pengguna bisa mencari di settings - Cari About Phone - Status - Kode IMEI. Untuk mengecek IMEI di iPhone, bisa dilakukan dengan mengklik Setting (Pengaturan)> General (Umum)> About, nomor IMEI tertera di laman tersebut.



Ponsel BM Tak Bisa Akses Jaringan


Anda harus meminta penjual langsung menguji masing-masing slot kartu SIM di ponsel. Apabila mendapat sinyal seluler, maka ponsel ini dipastikan merupakan ponsel legal.


Punya Garansi Resmi, Bukan Garansi Toko

Pastikan ponsel mendapat garansi resmi ponsel dari garansi produsen atau pemegang merek. Istilah garansi resmi juga lazim dipakai bagi ponsel yang digaransi mitra distributor resmi produsen.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]