Sony Minta Maaf Gara-gara Pre-order PlayStation 5 Berantakan

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Minggu, 20/09/2020 17:48 WIB
Sony berjanji akan lebih banyak konsol PlayStation 5 (PS5) yang akan tersedia untuk dipesan dalam beberapa hari mendatang. Sony berjanji akan lebih banyak konsol PlayStation 5 (PS5) yang akan tersedia untuk dipesan dalam beberapa hari mendatang. Ilustrasi. (playstation.com).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sony menyampaikan permintaan maaf atas pre-order PlayStation 5 (PS 5) yang berantakan. Sony berjanji bahwa lebih banyak konsol akan tersedia untuk dipesan dalam beberapa hari mendatang.

Sony juga mengatakan retailer akan memberitahu pelanggan tentang kapan unit tambahan itu akan tersedia.

Melansir Engadget, Sony secara efektif meluncurkan pre-order untuk konsol tersebut pada 17 September 2020. Tetapi banyak retailer yang telah memulai pre-order setelah acara showcase PS5 berakhir.


Sebuah email yang dikirim Amazon ke banyak pelanggan pre-order memperingatkan bahwa konsol mungkin tidak tiba pada tanggal rilis, yakni 12 November di Amerika Serikat. Beberapa pelanggan membagikan pesan di media sosial dan menyatakan bahwa pengiriman mungkin tertunda karena permintaan yang tinggi.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan item tersebut kepada Anda sesegera mungkin setelah dirilis," kata Amazon.

Email Amazon selanjutnya mengatakan bahwa pelanggan dapat melacak status pesanan mereka di situs webnya dan membatalkan barang yang dipesannya.

Melansir The Verge, situasi pre-order yang kacau dimulai hanya beberapa minggu setelah Sony memulai registrasi khusus undangan untuk pre-order PS5. Eric Lempel, kepala pemasaran PlayStation di seluruh dunia sebelumnya telah berjanji pre-order akan dilakukan dengan aman.

Tak hanya Amazon, Walmart juga mengalami masalah dalam pre-order PS5. Bahkan, beberapa pre-order di sejumlah situs online menghilang setelah sekitar satu menit.

Sony mulai menjual PlayStation 5 dan menjanjikan pengiriman ke konsumen mulai 12 November 2020.

Sistem jual yang dilakukan perusahaan dengan pre-order mulai US$500 atau Rp7,4 juta (kurs Rp14.816) untuk versi yang dilengkapi Blu-ray atau US$400 atau Rp5,9 juta untuk PS5 versi Digital Edition.

Seperti PS5, Microsoft diketahui juga akan meluncurkan pesaingnya, yaitu Xbox Series X yang dihargai US$500 atau Rp7,4 juta pada 10 November 2020. Sedangkan Xbox Series S yang diluncurkan di waktu yang bersamaan akan dibandeol US$300 atau Rp4,4 juta.

PS5 akhirnya resmi diperkenalkan pada Jumat (12/6). Konsol gim PS5 ini berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X.

PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibanding satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

(sfr)