Katulampa Siaga 1, Netizen Teriak Waspada Banjir Jabodetabek

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 20:41 WIB
Netizen berteriak siap hadapi banjir di tengah pandemi Covid-19 usai BMKG umumkan Katulampa siaga 1 kala hujan lebat Jabodetabek. Ilustrasi banjir di Jabodetabek. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hujan lebat akan turun di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada  Senin (21/9) malam. Hujan lebat juga akan disertai dengan petir dan angin kencang.

BMKG bahkan menyebut ketinggian air di Bendungan Katulampa berstatus siaga satu dengan ketinggian 250 sentimeter.

Kondisi itu pun tak pelak membuat sejumlah warganet di media sosial Twitter khawatir. Banyak yang berharap agar hujan lebat tidak menimbulkan banjir. Kata kunci 'hujan' menjadi topik populer di medsos.


Salah satu akun yang khawatir banjir akan melanda Jakarta adalah @Natch4n. Dia menyebut warga Jakarta untuk bersiap menghadapi banjir di tengah pandmei Covid-19.

"hujan deras .. bersiaplah, jakartans .. banjir dan pandemi pasti bukan kombinasi yang bagus," ujar @Natch4n.

Senada, akun @negativisme juga berharap Jakarta tidak dilanda banjir seperti awal tahun kemarin.

"Udah mulai hujan lagi... semoga gak dejavu banjir lagi, PSBB jangan lanjut PSKB. Pembatasan Sosial  Karena Banjir," kicau @negativisme.

Di sisi lain, akun @iyoskusuma mengaku khawatiru banjir akan terjadi karena sudah semakin sering terjadi hujan. Selain itu, dia tidak bisa membayangkan bagaimana protokol kesehatan Covid-19 bisa diterapkan di tempat penampungan korban banjir.

"Mulai sering hujan. Kalau sampai banjir, ga kebayang gimana protokol kesehatan di tempat-tempat penampungan Wajah tanpa mulut Semoga semua aman," kicau @iyoskusuma.

Semantara itu, akun @ombotaakk mengingatkan warga Jakarta untuk siaga mengahdapi banjir mengingat hujan cendering stabil dan kiriman air dai Bogor.

"Hujan nya cenderung stabil + kiriman dr bogor tengah malem pst nambah. Yg daerah langganan banjir, air udah pasti akan menyapa masuk lewat sela-sela pintu. Siap2 dari sekarang guys! Stay safe Jakartans..," kicau @ombotaakk.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]