Cek Komponen Motor yang Rentan Rusak di Musim Hujan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 08:11 WIB
Air hujan bisa merusak komponen sepeda motor terbuat dari besi atau logam karena memiliki kadar asam tinggi. Air hujan bisa merusak komponen sepeda motor karena memiliki kadar asam tinggi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Ketika harus menghadapi hujan tak jarang pengendara sepeda motor menghadapi genangan air yang merendam komponen-komponen sepeda motor yang tentu saja dapat merusak bagian tersebut.

Untuk diketahui air hujan yang memiliki kadar asam tinggi adalah musuh sejumlah komponen sepeda motor. Umumnya air hujan membuat karat dan keropos. Kalau sudah keropos praktis merusak penampilan motor.

Komponen terbuat dari besi atau logam yang mudah terpapar hujan pada sepeda motor cukup banyak.


Antaranya yakni rantai dan gear, standar samping dan tengah, tali rem dan gas, lubang kunci kontak, lubang kunci pada jok, jari- jari pelek, pelek, hingga setang sepeda motor.

Untuk mencegah masalah yakni karat akibat hujan kita perlu melakukan perawatan, namun berbeda-beda pada setiap komponennya.

Contoh pada rantai dan gear, saat musim hujan kita disarankan rajin memberikan pelumas agar tidak kering. Sedangkan untuk bagian rem, gas sampai dengan kopling, kita juga dapat menyemprot dengan cairan khusus yang dapat menetralkan asam sekaligus menjadi pelumas.

Bagian ini perlu diperhatikan, sebab karat dapat membuat tali gas dan rem menjadi seret saat dioperasikan.

Sedangkan bagian terluar yang tidak berhubungan langsung dengan mesin, kita dapat menyemprotnya dengan air bersih setelah menggunakan motor pada saat hujan.

Setelah itu cuci menggunakan sabun. Terakhir bagian lubang kunci yang dapat kita semprot dengan cairan anti-karat mengutip situs resmi Wahana Honda.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]