Edukasi & Fitur

Hindari Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 17:19 WIB
Embun muncul di bagian dalam kaca mobil umum terjadi karena suhu luar mobil lebih dingin daripada dalam karena hujan turun. Ilustrasi embun di bagian dalam kaca mobil menggangu aktivitas berkendara. (Foto: Silentpilot/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Embun yang muncul pada kaca mobil bagian dalam sangat mengganggu aktivitas berkendara. Meski terkesan sepele, kondisi ini berpotensi membahayakan sebab pandangan pengemudi menjadi terbatas.

Kondisi embun muncul di bagian dalam kaca mobil umum terjadi karena suhu luar mobil lebih dingin daripada dalam karena hujan turun. Embun bertambah tebal bila pendingin ruangan mobil (AC) tidak menyala.

Untuk menghindari embun di kaca mobil kita dapat melakukan sejumlah cara. Saran ini dinilai efektif untuk mobil-mobil tanpa AC.


1. Menyalakan AC

Sudah hal pasti AC bisa menghilangkan embun pada kaca mobil. Pengendara cukup atur suhu AC sesuai penggunaan.

2. Aktifkan defogger

Defogger biasanya untuk bagian belakang kaca mobil. Bentuknya garis-garis yang menyimpan kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal. Keberadaan defogger pada musim hujan dapat membantu menghilangkan embun, sehingga visibilitas pengemudi melihat ke belakang lebih jelas.

Untuk mengaktifkan defogger, cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada pada dashboard mobil Anda.

3. Oleskan kaca dengan sampo rambut

Jika tadi menggunakan fitur yang tersedia pada mobil. Kali ini dapat dengan mengoleskan sampo rambut sebelum mulai berkendara. Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca terjaga.

Cara penggunaannya pun sederhana. Anda cukup mengoleskan sedikit sampo di kaca mobil bagian dalam (tetapi jangan dicampur air), lalu lap kaca dengan lap sintetis (chamois) yang sedikit lembab (jangan bercampur air) dengan arah lurus menyamping (searah, supaya kaca tidak buram).

Setelahnya, jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah, segera bersihkan kaca mobil Anda dari sampo dengan menggunakan lap hingga bersih.

4. Gunakan tembakau untuk hilangkan embun

Selain sampo, tembakau juga bisa hilangkan embun pada kaca mobil saat hujan. Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air dan mencegah kaca berembun saat suhu menjadi sangat dingin atau hujan.

Penggunaannya pun sama, Anda cukup mengoleskan tembakau rokok pada kaca dari dalam. Mengoleskan tembakau disarankan lebih berhati-hati agar kaca mobil tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh. Oleskan secara pelan dan halus, demikian mengutip Seva.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA