Spesifikasi Rudal Baru Iran, Antikapal yang Ancam AS

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 08:34 WIB
Rudal balistik terbaru Iran, Zolfaghar Basir, bisa menjangkau target lebih dari 700 km. Ilustrasi rudal. (Istockphoto/ Aapsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasukan Garda Revolusi Iran memamerkan rudal balistik baru bernama Zolfaghar Basir. Rudal balistik bagian dari persenjataan angkatan laut Iran ini diklaim mampu menjangkau target lebih dari 700 kilometer.

Rudal balistik itu mulai dipamerkan setelah kapal induk Amerika Serikat USS Nimitz melintasi Selat Hormuz yang strategis bagi Iran.

Belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi Zolfaghar Basir. Namun diketahui Zolfaghar Basir adalah varian baru dari rudal balistik Zolfaghar.


Melansir CSIS, Zolfaghar adalah rudal balistik berbahan bakar padat jarak pendek buatan Iran. Rudal ini merupakan hasil pengembangan rudal balistik Fateh yang telah ada sejak 2004.

Zolfaghar mulai digunakan militer Iran sejak 2017. Panjang rudal ini 10,3 meter dan diameternya 0,6 meter serta memiliki hulu ledak submisi yang bisa memuat 500 kilogram bahan peledak.

Pada Juni 2017 rudal tersebut dilaporkan digunakan untuk menyerang sasaran di Suriah.

Selain Zolfaghar Basir, Iran juga memiliki Zolfaghar dengan jangkauan 1.000 km dan menggunakan hulu ledak 450 kg yang dijuluki Dezful.

Zolfaghar Basir adalah rudal balistik antikapal dengan jangkauan lebih dari dua kali lipat rudal antikapal Iran sebelumnya.

Melansir Atlantic Council, Zolfaghar diduga menggunakan bahan karbon berserat, bukan logam untuk mengurangi massa keseluruhan. Zolfaghar diklaim sebagai salah satu rudal paling akurat buatan Iran.

(jnp/fea)

[Gambas:Video CNN]