Riuh Cuit Netizen di Hari Kesaktian Pancasila

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 10:47 WIB
Netizen ramai bicarakan peringatan momen Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh hari ini. Hari kesaktian pancasila ramai dibicarakan netizen (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perbincangan tentang Hari Kesaktian Pancasila terus menanjaki tangga popularitas di Twitter sejak Kamis (1/10) pagi.

Salah satu akun yang berkomentar tentang Hari Kesaktian Pancasila adalah akun @Anna_Masue3. Dia menilai Pancasila memang memiliki kesaktian. Namun, dia bertanya apakah Pancasila benar-benar ada di Indonesia.

"Pancasila memang sakti. Tapi apakah Pancasila benar² ada di negeri kita yg tercinta ini? Jika Pancasila ada, niscaya, Indonesia negara terkaya di dunia, bukan Qatar. Jika Pancasila ada, niscaya Indonesia negara paling bahagia di dunia, bukan Finlandia," kicau @Anna_Masue3.


Selanjutnya, akun @Jagad_Official menyampaikan ada dua momen bersejarah mengapa warga Indonesia harus mengibarkan bendera. Selain peringatan hari kemerdekaan, dia mengatakan pengibaran bendera dilakukan saat Hari Kesaktian Pancasila.

"Dalam setahun Ada 2 momen bersejarah kenapa kita wajib mengibarkan bendera. Sebagai warga negara yg baik, kita harus tau bahwa, Pertama mengibarkan bendera setinggi tiang utk HUT RI. Kedua mengibarkan bendera setengah tiang utk #harikesaktianpancasila," kicau @Jagad_Official.

Sementara itu, akun @ijan_cuk mengingatkan Pancasila adalah ideologi Indonesia. Dia juga berkata Pancasila milik semua.

"Pancasila adalah naungan ideologi-ideologi di Indonesia, Pancasila itu milik aku, kau dan juga kita semua. Selamat memperingati hari kesaktian Pancasila. 1 Oktober 1965 - 1 Oktober 2020#harikesaktianpancasila," kicau @ijan_cuk.

Di sisi lain, akun @Amuhak_ menilai Pancasila masih sebatas selesai dirumuskan. Sebab, dia melihat nilai dan cita-cita Pancasila belum diimplementasikan.

"Pancasila antara selesai dan belum selesai, yakni telah selesai dirumuskan sebagai dasar negara, namun belum selesai dalam proses pengimplementasian nilai dan cita-citanya. #harikesaktianpancasila," kicau @Amuhak_.

Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional untuk memperingati tewasnya tujuh jenderal dan beberapa orang lainnya yang dibantai oleh Partai Komunis Indonesia.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]