Opsi Pedagang Tak Mau Jual Mobil Bekas Hingga Desember

CNN Indonesia | Jumat, 02/10/2020 06:35 WIB
Menurut Mobil88 jika penurunan harga mobil baru sampai lebih dari 25 persen, harga mobil bekas sulit disesuaikan. Ilustrasi mobil bekas. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Divisi bisnis mobil bekas Astra Internasional, Mobil88 (Serasi Autoraya), memilih menunda penjualan jika usulan pajak 0 persen mobil baru dieskekusi pemerintah. Jika usulan itu berlaku, harga mobil baru diprediksi bakal turun 20 - 40 persen dan berpotensi mengganggu bisnis mobil bekas.

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan penjualan mobil bekas lebih baik ditunda karena stok unit saat ini dibeli menggunakan harga lama.

"Kalau misalnya nilainya sampai 20-40 persen itu benar, kalau kejadian, ya paling gampang yang kami lakukan tunda penjualan mobil dengan modal lama," kata Fischer saat dihubungi, Kamis (1/10).


Menurut Fischer penundaan penjualan mobil bekas dapat dilakukan hingga awal tahun depan mengingat pajak nol persen diusulkan cuma berlaku sampai Desember 2020.

"Ya sampai Januari, sampai berakhir periodenya kami akan tunda dulu," ucap Fischer.

Pembebasan pajak mobil baru merupakan usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Jenis pajak yang diusulkan diubah menjadi 0 persen di antaranya PPn yang sekarang sebesar 10 persen, PPnBM 10 - 125 persen, dan pajak daerah misalnya seperti PKB sekitar 2 persen, dan BBN yang tergantung daerah, 10 - 12,5 persen.

Jika semua komponen itu hilang, kemungkinan harga mobil baru susut 20 - 40 persen.

Menurut Fischer, dalam bisnis penjualan mobil bekas, kemungkinan pedagang memperoleh untung lebih dari 25 persen sangat kecil. Jika harga mobil baru menyentuh kisaran persentase itu akan sulit menyesuaikan harga mobil bekas.

"Maka itu karena tidak mungkin kami turunkan juga sampai segitu. Soalnya kalau tidak turun tau sendiri, mana mungkin harga mobil baru lebih murah dari yang bekas," katanya.

Sejauh ini wacana pembebasan pajak mobil baru belum disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Asosiasi pelaku industri mobil Tanah Air, Gaikindo, sebelumnya menjelaskan pembebasan pajak mobil baru merupakan salah satu cara mendongkrak performa penjualan yang sedang dihantam pandemi. Wacana itu didesak agar dikabulkan, paling tidak hingga Desember.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]