Mars Sangat Dekat dengan Bumi Besok, Bisa Disaksikan Langsung

CNN Indonesia
Senin, 05 Oct 2020 18:18 WIB
Planet Mars terakhir kali berjarak sangat dekat dengan Bumi pada tahun 2003, dan akan kembali dekat pada September 2035. Ilustrasi planet Mars. (DasWortgewand/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Planet Mars akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi pada 6 Oktober 2020. Fenomena diprediksi akan terulang kembali pada bulan September 2035.

Pada titik terdekatnya, Mars hanya berjarak sekitar 38,57 juta mil atau 62,07 juta kilometer. Pendekatan terdekat Mars terjadi sebelum matahari terbit pada 6 Oktober 2020.

Melansir Earth Sky, Mars terakhir kali berjarak sangat dengan Bumi pada tahun 2003. Kala itu, Mars berada pada jarak 34,65 juta mil atau 55,76 juta km.


Kondisi sangat dekat itu mungkin akan terjadi kembali pada 28 Agustus 2287, ketika planet merah itu akan berada pada jarak 34,60 mil atau 55,69 juta km.

Fenomena Mars berada dekat dengan Bumi kali ini bisa disaksikan dengan mata telanjang. Mars yang berwarna merah dapat dilihat di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar.

Mars diketahui sebagai objek paling terang seperti bintang yang menerangi langit malam. Sedangkan planet Venus menjadi benda langit paling terang ke-3 setelah matahari dan bulan yang memiliki sinar lebih terang dari Mars.

Melansir Science Alert, Mars dan Bumi berada pada orbit yang sedikit elips. Sehingga, kedua planet itu kadang-kadang bisa sangat dekat satu sama lain.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik itu jarak keduanya minimal 54,6 juta km.

Konfigurasi ini disebut oposisi  dan terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Di ujung lain skala dari oposisi adalah konjungsi, yakni ketika dua planet berada pada jarak terjauh dari satu sama lain. Mereka dapat mencapai jarak 401 juta km dari satu sama lain.

Hal itu terjadi ketika Bumi dan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari dan keduanya berada di aphelion mereka.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER