Netizen Ribut soal Drama Mik Puan Maharani

CNN Indonesia | Selasa, 06/10/2020 08:41 WIB
Netizen ribut soal drama mikrofon anggota fraksi Demokrat yang dimatikan terkait keberatan pengesahan RUU Omnibus Law Ciptaker. Ketua DPR Puan Maharani (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet riuh di media sosial akibat insiden mikrofon yang dimatikan ketika anggota fraksi Demokrat tengah menyampaikan keberatan terkait pengesahan RUU Omnibus Law Ciptaker.

Kata kunci 'Puan' kemudian masuk ke trending topic di Indonesia. Seorang warganet @FelixNate mengatakan insiden mematikan mikrofon merupakan cara DPR dan pemerintah membungkam kritik Omnibus Law.

Pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) dalam rapat paripurna semalam (5/10) berlangsung panas. Selain diwarnai adu mulut antara pimpinan rapat dengan Partai Demokrat yang menolak pengesahan Ciptaker, rapat juga diramaikan dengan insiden mikrofon mati.


Warganet berasumsi bahwa Ketua DPR Puan Maharani mematikan mikrofon yang dipakai anggota Fraksi Demokrat saat menyampaikan pendapat di tengah panasnya rapat paripurna tersebut. 

Hal ini tampak ketika Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yang memimpin rapat  berkomunikasi dengan Puan yang berada di sebelahnya. Setelah itu, Puan terlihat mengarahkan tangannya ke meja di depannya, dan seketika mikrofon yang dipakai Irwan berbicara mati.



Akun @jatamnas atau Jaringan Advokasi Tambang mengungkap suami Puan, Hapsoro Sukmonohadi adalah pebisnis bisnis minyak dan gas bumi.

 Hapsoro adalah Komisaris PT Triguna Internusa Pratama (anak usaha PT Rukun Raharja Tbk) yang bergerak di jasa pertambangan.



Tak hanya kata kunci 'Puan', beberapa tagar maupun kata kunci terkait pengesahan Omnibus Law menjadi trending topic di Indonesia. Beberapa tagar dan kata kunci tersebut adalah #MosiTidakPercaya, #dprpenghianat, 'DPR RI GAGAL' , 'Dewan Perwakilan Rakyat', hingga 'Demokrat'.

Tagar #MosiTidakPercaya juga sempat menembus jajaran trending topic worldwide. Hingga saat ini, tagar tersebut masih berada di peringkat pertama trending topic di Indonesia dengan jumlah cuitan sebanyak 1,7 juta. 

Beberapa warganet membagikan apa yang akan terjadi di Indonesia apabila RUU Ciptaker berlaku.

Dalam tagar ini, warganet juga membagikan video perdebatan antara Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan anggota fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman.



  

Kemudian kata kunci 'DPR RI Gagal' juga menjadi topik panas di Twitter dengan jumlah cuitan sebanyak 83 ribu. 

Warganet menyoroti salah satu dampak pengesahan Ciptaker adalah tenaga kerja wanita tak akan lagi mendapatkan kompensasi untuk cuti haid, melahirkan dan keguguran. 


Pada masa pandemi Covid-19, pembahasan RUU Ciptaker dikebut. DPR dan pemerintah bahkan menggelar rapat di hotel ke hotel, juga pada akhir pekan demi merampungkan pembahasan ini.

Setelah pembicaraan di tingkat panja selesai pada Sabtu (3/10) itu sedianya Rapat Paripurna untuk pengesahan digelar pada 8 Oktober mendatang.Namun secara tiba-tiba DPR dan pemerintah mempercepat agenda pengesahan RUU kontroversial ini.

Selain mempercepat pengambilan keputusan terhadap RUU Ciptaker, DPR juga akan mempercepat masa reses dimulai besok Selasa (6/10). Sebelumnya masa reses dijadwalkan mulai Jumat (9/10).

(jnp/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK