TIPS TEKNOLOGI

Cara Aktifkan Fitur Instagram Shopping

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 06/10/2020 20:39 WIB
Instagram resmi meluncurkan fitur baru yaitu Instagram Shopping dan sudah bisa dicoba untuk pengguna mereka di Indonesia, Selasa, (6/1). Ilustrasi Instagram Shopping. (Foto: AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan media sosial populer, Instagram resmi meluncurkan fitur baru yaitu Instagram Shopping dan sudah bisa dicoba untuk pengguna mereka di Indonesia, Selasa, (6/1).

Fitur ini juga tersedia di IGTV, untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi para pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.

"Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini," kata Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (6/10).


Untuk menggunakan fitur Shopping, hal pertama yang mesti dilakukan para pelaku bisnis harus membuat Toko melalui Commerce Manager.

Setelah dibuat, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan cara:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.

2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping.

3. Ikuti langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.

Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan.

Oleh karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.

4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan.

2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.

3. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.

(din/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK