Whatsapp Umumkan Fitur Baru untuk Android

eks, CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 08:51 WIB
Whatsapp baru mengumumkan fitur baru bagi pengguna layanan pesan instan itu di perangkat Android. Ilustrasi whatsapp (antonbe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Whatsapp baru saja mengumumkan fitur pencarian media kini sudah tersedia di layanan pesan instan untuk perangkat Android.

"Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pencarian media seperti foto, file GIF, tautan, video, dokumen, dan audio yang ada pada perbincangan (chat) di Whatsapp," demikian disebutkan Whatsapp lewat cuitan di akun resmi, Jumat (9/10).




Sebelumnya fitur ini baru tersedia untuk pengguna iOS dan telah diluncurkan untuk para pengguna Whatsapp beta. Pengguna iPhone telah mendapat pembaruan ini beberapa bulan lalu.

Selain itu, pengguna Whatsapp juga masih harus bersabar dengan sederatan fitur baru lain. Sebagian fitur itu masih dalam pengujian untuk pengguna beta.

Berikut sejumlah fitur baru yang akan meluncur bagi para pengguna Whatsapp.

1. Dipakai di 4 perangkat sekaligus

WhatsApp akan segera menghadirkan fitur dukungan yang bisa menggunakan akun Whatsapp di empat perangkat sekaligus. Namun, saat ini fitur itu masih dalam tahap akhir pengembangan. Jika sudah selesai, para penggana Whatsapp beta bakal bisa mencicip terlebih dulu.

Dengan fitur ini, pengguna masih bisa menggunakan WhatsApp di laptop menggunakan Whatsapp Web meski saat ponsel atau perangkat lain mati.

2. Pesan terjadwal untuk hilang otomatis

Layanan pesan instan itu juga tengah menyiapkan fitur agar pengguna bisa menjadwalkan agar sebuah pesan bisa hilang otomatis.

Cara ini lebih mudah ketimbang menghapus pesan secara manual. Misal, pengguna bisa menyetel agar sebuah pesan setelah tujuh hari. Maka, WhatsApp secara otomatis akan menghapus pesan tersebut.

Pesan pun akan terhapus secara otomatis di kedua belah pihak, baik si pengirim maupun penerima tanpa jejak. Maksudnya, tidak ada tanda bahwa pesan itu sudah dihapus seperti fitur menghapus pesan yang ada saat ini. Fitur ini sudah tersedia bagi pengguna Whatspp Beta.

3. Bisukan notifikasi selamanya

Sebelumnya pengguna WhatsApp hanya bisa membisukan notifikasi dalam tiga pilihan yakni, 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun.

Kini, WhatsApp mengeluarkan wacana untuk penggunanya agar bisa mematikan notifikasi grup selamanya. Rencananya fitur ini akan menggantikan fitur mute setahun. Selain itu, opsi mute selamanya ini tak hanya berlaku untuk grup, bisa juga diterapkan pada chat orang tertentu.

Hal ini mungkin berguna untuk grup yang dianggap mengganggu namun segan untuk keluar. Sehingga, notifikasi grup itu tak perlu dilihat pengguna.

4. Mudah hapus file besar

Whatsapp seringkali menjadi aplikasi yang menyita volume penyimpanan terbesar. Namun, pengguna seringkali kesulitan menyortir pesan mana yang paling memakan memori.

Dengan fitur Storage Usage yang akan memudahkan pengguna untuk menghapus file-file besar. Pengguna mesti melakukan filter terlebih dulu untuk menemukan file berukuran besar.

Lantas, WhatsApp akan menginformasikan berapa besar file yang ada dalam tiap chat. Pengguna pun bisa memilih file dari chat mana yang akan dihapus. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

(eks)

[Gambas:Video CNN]