Netizen Riuh, Kecam Halte Rusak Hingga Anies Temui Pendemo

CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 09:29 WIB
Netizen riuh menggaungkan kecaman atas pengerusakan halte Transjakarta hingga dukung Anies temui pendemo penolakan Omnibus Law. Aksi pembakaran halte Transjakarta saat demonstrasi penolakan Omnibus Law. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen riuh menggaungkan kecaman atas aksi pengerusakan fasilitas umum seperti halte Transjakarta hingga mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui para demonstran pada Kamis (8/10) malam.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi lokasi Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang terbakar di jalan MH Thamrin, Kamis (8/10) malam.

Halte bus tersebut sempat dilalap api di tengah demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker). Setelah melihat ke lokasi halte yang hangus, Anies menemui para mahasiswa dan pedemo yang mengikuti unjuk rasa tolak RUU Cipta Kerja Omnibus Law.


Tindakan Anies ini langsung disambut positif oleh warganet di Indonesia. Sejak Kamis malam, ada dua kata kunci yang membicarakan soal Anies. Kedua kata kunci itu adalah 'Halte', dan 'Pak Anies'.

Kata kunci 'Halte' menjadi trending topic setelah Halte Transjakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI) terbakar.

Warganet mengecam tindakan pengerusakan itu. Dilaporkan sebanyak 11 halte Transjakarta rusak. Anies memperkirakan kerusakan itu butuh dana perbaikan sebesar Rp25 miliar.





  

Warganet lainnya meminta agar aksi protes tak diiringi dengan tindakan anarkis. Sebab tindakan anarkis ini merusak fasilitas umum yang sesungguhnya digunakan oleh rakyat.



 

Hingga saat ini, kata kunci 'Halte' telah dicuitkan sebanyak 97 ribu kali. Dalam kata kunci ini, warganet banyak pula yang membela perusakan halte ini. Warganet menganggap perusakan halte merupakan hal yang sepele. 

Kata kunci 'Pak Anies' juga naik. Tagar 'Pak Anies' menjadi trending setelah ia bertatap muka dengan para demonstran di Bundaran HI, Kamis malam.

Hingga saat ini, kata kunci 'Pak Anies' telah dicuitkan sebanyak 17 ribu kali. Beberapa netizen menggambarkan keprihatinan Anies melihat pengrusakan fasilitas umum lewat GIF.





Dalam kata kunci 'Pak Anies', warganet membagikan cuplikan video dialog antara Anies dengan para demonstran. Di situ, warganet memuji tindakan Anies yang bersikap selayaknya pemimpin.



  



Sebagian lagi mendukung tindakan Anies sebagai tindakan seorang pemimpin sebenarnya.



 

Kepada para pedemo, Anies mengatakan memberikan aspirasi adalah hak semua orang. Oleh karena itu, ia mengatakan bakal meneruskan aspirasi tersebut. Ia tak merinci bakal diteruskan kemana aspirasi tersebut.

Ia pun lantas mengajak para demonstran untuk berjanji untuk pulang dengan tertib dan menjaga keselamatan. Di akhir pernyataan dengan mahasiswa, Anies pun mengajak para pedemo dan mahasiswa untuk menyanyikan lagu Bagimu Negeri. 

(jnp/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK