Fosil Allosaurus Laku Rp42 Miliar dalam Lelang di Paris

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 06:27 WIB
Fosil dinosaurus jenis Allosaurus berhasil dilelang dan laku hingga Rp42 miliar. Fosil dinosaurus jenis Allosaurus bakal dilelang dengan taksiran harga hingga Rp22,5 miliar (AP/Thibault Camus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fosil dinosaurus Allosaurus telah laku terjual dalam lelang di Paris dengan harga senilai 2,5 juta euro sekitar Rp42,9 miliar. Awalnya fosil ini ditaksir Rp20 miliar.

Fosil Allosaurus yang merupakan nenek moyang T-Rex ini berusia 150 juta tahun. Fosil dari periode Jurassic atas ditemukan di peternakan Wyoming, AS pada 2016 lalu.

Fosil ini cukup utuh karena lebih dari 70 persen kerangka yang disajikan untuk pelelangan terbuat dari fosil tulang, tengkorak, gigi dan cakar aslinya.


Iacopo Briano, ahli paleontologi dan ahli penjualan fosil, menjelaskan bahwa beberapa bagian yang hilang diciptakan kembali oleh cetakan khusus berdasarkan kerangka aslinya.

Dilansir dari euronews, Jumat (16/10), Allosaurus yang direkonstruksi ini memiliki panjang 10 meter dan tinggi 3,5 meter, salah satu dinosaurus terbesar yang diketahui hingga saat ini.

"Orang langsung berpikir tentang Jurassic Park," kata juru lelang Alexandre Giquello.

Giquello berharap kerangka ini bisa menarik perhatian museum pribadi hingga pembeli pribadi kaya yang tertarik untuk memajang fosil di rumahnya.

Spesies baru dinamakan Allosaurus jimmadseni memiliki panjang hingga 9 meter dengan berat sekitar 1,8 ton.Sebelumnya,  Ilmuwan dari Universitas Utah, Amerika Serikat menemukan spesies dinosaurus karnivora terbaru. Ilmuwan menemukan jenis baru dari Allosaurus yang merupakan dinosaurus 'kelas berat' dari zaman Jurassic.

Dinosaurus ini hidup di Amerika Utara di antara 157 jutaan 152 juta tahun lalu. Fosil ini diidentifikasi sebagai spesies paling muda dari Allosaurus mengutip AP.

Fosil Allosaurus jimmadseni ditemukan di situs Morisson Formation di Amerika Bagian Barat. Sejak akhir abad ke-19, tulang belulang Allosaurus didapatkan dari bebatuan di situs tersebut. Akan tetapi ahli paleontologi tidak sepakat tentang jumlah spesies Allosaurus dari fosil-fosil yang sebelumnya didapat.

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]