Samsung Galaxy S20 FE dan M51 Disebut Tak Terkendala CEIR

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 13:27 WIB
Samsung menyebut ponsel anyar Galaxy S20 FE dan M51 tak terkendala masalah CEIR yang sempat menghambat vendor menjual ponsel baru. Samsung Galaxy M51 (dok. Samsung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Samsung menyatakan ponsel anyar Galaxy S20 Fan Edition (FE) dan Galaxy M51 tak terdampak pada kendala keterbatasan kapasitas data Centralized Equipment Identity Register (CEIR).

Menurut Samsung, IMEI kedua ponsel tersebut bisa didaftarkan ke CEIR. Product Marketing Manager Irfan Rinaldi juga mengatakan seluruh ponsel Samsung, baik itu ponsel lama atau ponsel baru tak terkendala dengan masalah CEIR itu.

"Sejauh ini dari dari lini Samsung aman-aman saja. Dengan bantuan tim government relation Samsung yang sudah kerja sama dengan pemerintah itu bagus. Sejauh ini baik-baik saja, untuk hp baru dan yang lama tak ada komplain," kata Irfan dalam diskusi virtual, Kamis (21/10).


Sebelumnya, keterbatasan kapasitas data CEIR yang digunakan untuk memfilter ponsel ilegal telah membuat IMEI ponsel baru tak bisa didaftarkan. Beberapa vendor ponsel mengeluh tak bisa mendaftarkan IMEI ponsel resmi mereka.

Sejumlah pengguna juga mengeluh IMEI ponsel yang sudah lama mereka miliki terblokir. Kendala ini membuat pembeli ragu-ragu untuk membeli ponsel baru.

Lebih lanjut, Irfan membeberkan Samsung memiliki tim khusus yang berhubungan langsung dengan pemerintah. Irfan mengatakan tim tersebut berkomunikasi secara aktif dengan pemerintah terkait registrasi IMEI.

"Sudah di wanti-wanti  sejak ada isu terkait penuhnya kapasitas, ada yang tiba-tiba ponselnya mati. kita kerja dekat dengan pemerintah supaya tidak ada kendala," ujar Irfan.

Irfan menyatakan Samsung terus menjadi fokus utama dari setiap pelayanan dan inovasi. Salah satu bentuk layanan ini adalah dengan memastikan tak ada kendala di ponsel Samsung dalam masalah CEIR.

"Kami mengikuti kebijakan pemerintah, termasuk mengenai aturan pendaftaran IMEI," kata Irfan.

CEIR sebelumnya dilaporkan tak dapat menampung data International Mobile Equipment Identity (IMEI) dari ponsel baru. Akibatnya, ponsel-ponsel yang IMEInya belum terdaftar diblokir dari jaringan seluler karena dianggap merupakan ponsel ilegal.

Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) membenarkan mesin CEIR sudah bisa kembali menampung data IMEI dari ponsel baru.

Xiaomi sendiri telah memastikan kendala keterbatasan kapasitas data CEIR tak berdampak pada ponsel Poco X3 yang baru diluncurkan pada 15 Oktober.

Di sisi lain, Oppo mengaku belum dapat mengunggah IMEI ke CEIR hingga Rabu (14/10). Publik manajer Oppo, Aryo Meidianto mengaku pihaknya sampai berhenti produksi akibat hal itu.

(jnp/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK