Magnite, SUV Baru Nissan yang Seharusnya Merek Datsun

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 09:58 WIB
Nissan Magnite dirancang menggunakan platform Renault Triber, sebelumnya didesain sebagai SUV Datsun namun tidak jadi. Nissan Magnite, SUV berwajah khas Datsun yang dirancang pakai platform Renault Triber. (Nissan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nissan resmi memperkenalkan Sport Utility Vehicle (SUV) lima penumpang terbaru di India bernama Magnite. Mobil ini memiliki wajah Datsun dan dirancang menggunakan platform Renault Triber.

Di India mobil ini akan berhadapan dengan beberapa kompetitor misalnya Kia Sonet dan Renault Kiger. Pesaing lain yakni Hyundai Venue, Mahindra XUV300, Toyota Urban Cruiser, Maruti Suzuki Vitara Brezza, Tata Nexon, dan Ford EcoSport.

Nissan Magnite.Nissan Magnite. (Nissan)

Magnite merupakan SUV kecil dengan dua pilihan mesin yaitu 3-silinder 1.000 cc dan 3-silinder 1.000 cc turbo. Dapur pacu itu kemudian dikawinkan dengan gearbox Xtronic CVT atau manual lima percepatan.


Belum ada informasi rinci mengenai kemampuan mesin. Namun diperkirakan dapat memuntahkan 72 hp, sedangkan model turbo diprediksi sanggup hingga 95 hp, mengutip Times Of India.

Mobil ini dirancang di atas platform CMF-A + Renault-Nissan yang menghasilkan MPV Triber. Triber saat ini sudah dijual di Indonesia dengan harga bersaing dengan produk LCGC.

Nissan menjelaskan fitur pada Magnite di antaranya layar sentuh 8 inci, monitor tekanan ban, kamera 360°, ABS+EBD, hill start assist, kontrol traksi, hingga cruise control.

Nissan belum mengungkap secara rinci mengenai dimensi, namun panjang mobil ini dipastikan di bawah empat meter dengan ground clearance 205 mm. Sementara itu mobil ini dilengkapi pelek dengan desain unik dua warna ukuran 16 inci.

Nissan Magnite.Nissan Magnite. (Nissan)

Autocar India menjelaskan mobil ini tadinya dibuat agar menjadi SUV Datsun, namun akhirnya diputuskan bermerek Nissan.

Pemesanan untuk Magnite kemungkinan akan dibuka menjelang akhir 2020, dengan peluncuran diharapkan awal 2021.

Diperkirakan mobil ini bakal dijual mulai Rp106 juta dan produksinya dilakukan di pabrik India. Menurut Autocar India, pabrik India bakal menjadi basis global Magnite. Hal tersebut mengindikasikan Magnite juga akan dijual selain pada pasar India.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK